Kuala Kurun (ANTARA) - Duplikat bendera pusaka Merah Putih dan salinan naskah teks proklamasi tiba di Kuala Kurun, Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, usai menjalani kirab dari Jakarta sejak beberapa hari lalu.

Penjabat Bupati Gumas Herson B Aden di Kuala Kurun, Kamis, mengatakan bahwa dirinya membawa langsung duplikat bendera pusaka Merah Putih dan salinan naskah teks proklamasi tersebut ke kabupaten setempat.

“Duplikat bendera pusaka Merah Putih ini nantinya akan dikibarkan di detik-detik proklamasi. Seluruh Indonesia akan mengibarkan duplikat bendera pusaka Merah Putih secara serentak,” ucap Herson.

Pemerintah Pusat berencana melakukan upacara peringatan detik-detik proklamasi 17 Agustus di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Herson mengaku akan mengikuti upacara tersebut secara dalam jaringan.

Di sisi lain, walau bendera pusaka Merah Putih dan naskah teks proklamasi yang diterima hanya duplikat dan salinan, dirinya tetap menghormati kedua benda tersebut dan menyimpan di ruang kerja Pj Bupati Gumas.

Baca juga: DPRD Gumas ajak masyarakat jadikan lomba 17 Agustusan memperkuat persatuan

Dia berharap seluruh masyarakat yang ada di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’, ikut merasakan kegembiraan dari perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia.

“Saya juga berharap HUT ke-79 RI akan membangkitkan nilai-nilai perjuangan, kebersamaan, saling menghormati dan menghargai. Kita adalah rakyat Indonesia, Kalteng dan Gumas, hendaknya bisa bersama-sama berjuang membangun daerah,” imbuhnya.

Dari pantauan di lapangan, kirab dimulai di rumah jabatan Pj Bupati Gumas di Kuala Kurun pada Kamis (15/8), sekitar pukul 08.00 WIB. Pj Bupati Gumas menyerahkan duplikat bendera pusaka Merah Putih dan salinan naskah teks proklamasi kepada anggota TNI dan Polri.

Dua anggota TNI dan Polri tersebut merupakan pamong atau pelatih calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Gumas. Selanjutnya duplikat bendera pusaka Merah Putih dan salinan naskah teks proklamasi tadi diserahkan lagi kepada anggota Paskibraka kabupaten.

Setelah itu, duplikat bendera pusaka Merah Putih dan salinan naskah teks proklamasi tadi dibawa ke kantor Bupati Gumas. Di sana kedua benda tadi diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Richard, perwakilan Forkopimda, dan lainnya, untuk kemudian disimpan di kantor Bupati Gumas.

Baca juga: Pelajar di Gumas diminta manfaatkan layanan jemput bola perekaman e-KTP

Baca juga: DPRD Gumas dorong pelaku usaha aktif ikuti bazar UMKM

Baca juga: Disdukcapil Gumas 'jemput bola' rekam e-KTP ke sekolah


Pewarta : Chandra
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024