Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah Halikinnor mengukuhkan 71 anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Kotim 2024 di Gedung Serbaguna Sampit.

“Saya berpesan agar mempersiapkan diri, baik fisik maupun mental, karena ini sebentar lagi kalian akan menjalankan tugas yang berat sebagai Paskibraka,” kata Halikinnor di Sampit, Jumat.

Acara pengukuhan yang digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kotim tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Kotim Irawati, Sekda Kotim Fajrurrahman, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan lainnya.

Halikinnor menyebut para anggota Paskibraka yang dikukuhkan ini merupakan putra-putri terbaik Kotim yang terpilih dari 278 pelajar SMA sederajat dari 14 kecamatan yang mengikuti seleksi ketat dari Badan Kesbangpol.

Anggota Paskibraka ini juga telah menjalani pemusatan pendidikan dan pelatihan yang ketat di bawah bimbingan tenaga-tenaga profesional, antara lain Kodim 1015/Sampit, Polres Kotim, Brimob Polda Kalteng, Yonif 631 Antang, Purna Paskibraka Indonesia serta Para Pembina.

Hingga tiba pada waktunya nanti, 71 anggota Paskibraka Kotim ini melaksanakan tugas yang mulia, yakni mengibarkan dan menurunkan bendera pusaka merah putih dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 79 Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2024. 

“Untuk itu saya ucapkan selamat kepada putra-putri terbaik Kotim. Tugas kalian terlihat mudah tapi berat, karena harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan menjaga kekompakan serta kebersamaan dalam setiap gerakan,” ucapnya.

Baca juga: DPKP Kotim gelar pasar tani setiap Jumat stabilkan harga pangan

Halikinnor pun berpesan pada seluruh anggota Paskibraka Kotim agar bisa memanfaatkan malam terakhir sebelum melaksanakan tugas  mulia sebagai pengibar bendera dengan beristirahat yang cukup,

Meskipun, ia tau tentunya ada perasaan gugup dalam diri anggota Paskibraka. Namun, ia berharap setiap anggota Paskibraka bisa menjalankan tugas dengan kondisi yang prima dan pengibaran dan penurunan bendera bisa terlaksana dengan lancar.

Prosesi pengukuhan anggota Paskibraka Kotim 2024 berlangsung khidmat. Pembacaan ikrar dipimpin oleh Kepala Badan Kesbangpol Kotim Sanggul Lumban Gaol diikuti oleh seluruh anggota Paskibraka dan disaksikan langsung oleh Bupati Kotim.

Tampak wajah sumringah dari orang tua dan wali dari anggota Paskibraka untuk menyaksikan pengukuhan tersebut. Kehadiran pihak keluarga memberikan dukungan bagi putra-putri kebanggaan Kotim sebelum melaksanakan tugas mulia keesokan harinya. 

Dalam Upacara Peringatan HUT ke 79 Kemerdekaan Republik Indonesia para anggota Paskibraka menyiapkan formasi 17-8-45. Formasi tersebut disesuaikan dengan tanggal peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini.

Formasi itu meliputi 17 pengiring, 8 anggota inti yang membawa bendera merah putih dan 45 pengawal, sementara satu orang lainnya sebagai pemandu.

Baca juga: Perdana, anggota DPRD Kotim ikuti rapat paripurna pidato kenegaraan

Baca juga: Dishub Kotim: Penerbangan rute Sampit-Surabaya kembali dibuka awal September

Baca juga: Pemkab Kotim tingkatkan upaya penanggulangan AIDS, tuberkulosis dan malaria


Pewarta : Devita Maulina
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024