Buntok (ANTARA) - Sebanyak 69 peserta mengikuti pawai pembangunan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia dan hari jadi ke-65 Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah.

Peserta yang mengikuti lomba pawai pembangunan ini dari sejumlah sekolah serta perguruan tinggi, badan, dinas, instansi dan dari umum, kata Penjabat Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan di Buntok, Minggu.

"Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk mengisi hari kemerdekaan dengan kegiatan positif," katanya usai melepas keberangkatan peserta pawai.

Dikatakannya, kegiatan yang dilaksanakan ini juga untuk menumbuhkan rasa patriotisme dan cinta pada negara serta memupuk kebersamaan dan kekompakan seluruh masyarakat Barito Selatan.

Ia juga mengharapkan, kegiatan pawai pembangunan dilaksanakan dalam rangka HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia dan Hari Jadi ke-65 Barito Selatan ini dapat berjalan dengan lancar, aman dan sukses.

"Dirgahayu ke-79 Republik Indonesia dan dirgahayu hari jadi ke-65 Kabupaten Barito Selatan," ucap pria yang sudah mendapat gelar doktor ilmu kebijakan publik di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada 2012 lalu itu.

Baca juga: Kejari Barsel musnahkan barang bukti telah berkekuatan hukum tetap

Sementara Ketua Panitia, Jaya Wardana mengatakan, sebanyak 69 peserta ini terdiri dari 15 peserta dari Sekolah Dasar (SD), enam Sekolah Menengah Pertama (SMP), tujuh peserta dari Sekolah Menengah Atas (SMA).

Kemudian lanjut dia, delapan peserta dari umum dan perguruan tinggi serta 33 peserta dari badan, dinas, instansi dan lembaga yang ada di daerah ini.

"Adapun rute bagi peserta untuk SD dan SLTP dari depan Stadion Batuah dan finish di depan kantor Bupati Barito Selatan," jelasnya.

Untuk rute bagi peserta tingkat SMA, perguruan tinggi, umum, serta badan, dinas, instansi dan lembaga dari Stadion Batuah menuju ke jalan Pelita Raya, pelita III, Jalan Pahlawan, Jalan Panglima Batur, dan finish di bundaran dekat RSUD Jaraga Sasameh Buntok.

Berdasarkan pantauan, acara pawai pembangunan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke -79 Kemerdekaan Republik Indonesia dan Hari Jadi ke- 65 Kabupaten Barito Selatan berlangsung sangat meriah.

Ribuan masyarakat memadati pinggir jalan protokol dalam kota Buntok untuk menonton iring-iringan pawai yang menampilkan sejumlah keunggulan dan juga keunikannya masing-masing peserta.

Baca juga: DPRD Barito Selatan persiapkan pembentukan fraksi pendukung dewan

Baca juga: 25 anggota DPRD Barito Selatan periode 2024-2029 dilantik

Baca juga: APBD-P Barito Selatan 2024 diarahkan untuk beberapa skala prioritas


Pewarta : Bayu Ilmiawan
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024