Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kalimantan Tengah Sirajul Rahman mengingatkan sekaligus meminta pemerintah daerah, lebih memberikan perhatian terhadap sektor pelayanan transportasi di wilayah ini.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah transportasi melalui sungai yang sampai saat ini masih digunakan oleh masyarakat untuk menunjang aktivitas sehari-hari, kata Sirajul Rahman di Palangka Raya, Jumat.

"Pemda perlu juga memperbaiki sekaligus melengkapi sarana dan prasarana pelabuhan penyeberangan maupun rambu-rambunya," ucapnya.

Menurut Ketua DPW PKS Kalteng itu, transportasi yang baik dan memadai akan berdampak positif pada peningkatan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat. Apalagi provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai Bumi Pancasila ini memiliki wilayah luas dan infrastruktur yang masih berkembang, tetap memerlukan perhatian khusus pada sektor transportasi

"Transportasi merupakan kunci bagi kemajuan Kalteng. Dengan layanan transportasi yang lebih baik, masyarakat akan lebih mudah mengakses pusat-pusat ekonomi dan layanan publik, serta membuka peluang investasi yang lebih luas," ucapnya.

Sirajul pun menekankan perlu adanya kolaborasi antara pemerintah daerah dan pusat dalam pembangunan infrastruktur transportasi menurutnya juga menjadi bagian penting dalam hal tersebut. Di mana selain pembangunan jalan dan jembatan, penting juga pengembangan transportasi publik yang terjangkau dan ramah lingkungan.

"Kami berharap pemerintah tidak hanya fokus pada pembangunan fisik seperti jalan dan jembatan, tetapi juga pada pengembangan angkutan umum yang dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat. Dengan demikian, tidak hanya ekonomi yang akan berkembang, tetapi juga pemerataan kesejahteraan di seluruh Kalteng," ujarnya.

Baca juga: Papat paripurna perdana, DPRD Kalteng bahas lima raperda

Legislator Kalteng itu menyebut, pentingnya kolaborasi antara pemerintah daerah dan pusat dalam pembangunan infrastruktur transportasi di daerah ini. Sebab, dirinya menilai bahwa dengan adanya sinergi tersebut mampu mempercepat pembangunan dan meningkatkan kualitas layanan transportasi di Kalimantan Tengah.

"Transportasi merupakan kunci bagi kemajuan Kalteng. Dengan layanan transportasi yang lebih baik, masyarakat akan lebih mudah mengakses pusat-pusat ekonomi dan layanan publik, serta membuka peluang investasi yang lebih luas," demikian Sirajul.

Baca juga: Anggota DPRD Kalteng diajak mengkritik kebijakan pemerintah yang tak berpihak ke masyarakat

Baca juga: DPRD Kalteng dorong pemerintah sediakan akses teknologi secara merata

Pewarta : Rajib Rizali
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024