Jakarta (ANTARA) - Jenama ponsel pintar realme secara resmi memperkaya lini ponsel number seriesnya dengan membawa realme 13 Pro Series 5G ke Indonesia yang menawarkan kemampuan fotografi lewat lensa mumpuni di kelasnya dan kecerdasan artifisial (artificial intelligence/AI) untuk hasil foto terasa profesional.

Seri ini terdiri atas realme 13 Pro 5G dan realme 13 Pro+ 5G yang keduanya ditenagai oleh lensa-lensa unggulan di pangsa pasarnya dari Sony.

"Pada realme 13 Pro Series 5G, kami menyematkan rangkaian teknologi terdepan dan melengkapinya dengan kemampuan realme Next AI untuk memastikan pengguna mendapatkan hasil foto yang sesuai dengan yang mereka harapkan,” kata Public Relations Lead realme Indonesia Krisva Angnieszca dalam keterangannya, Kamis (19/9).

Baca juga: Realme bocorkan fitur kamera geser tidak ada di Realme GT 7 Pro

Membahas keunggulannya dari sisi fotografi dan AI, mari membedah masing-masing ponsel secara lebih detail dimulai dari realme 13 Pro+ 5G terlebih dahulu yang menjadi ponsel unggulan dari seri ini.

realme 13 Pro+ 5G hadir dengan dua Sony Sensor dan teknologi telefoto periskop pertama di segmennya. Dengan kamera utama menggunakan sensor Sony LYT-701 berukuran besar 1/1.56"beresolusi 50 MP dan menjadi pionir di industri smartphoneserta kamera telefoto periskop Sony LYT-600 50 MP.

Kedua kamera tersebut juga telah didukung dengan Optical Image Stabilization (OIS) yang mampu memberikan kestabilan yang lebih baik untuk hasil foto yang lebih detail dan cepat dalam hal pemrosesan gambar.

realme 13 Pro+ 5G didukung dengan kemampuan 3x optical zoom untuk kualitas foto dengan pembesaran yang baik. Dalam hal fotografi portrait, panjang fokus 80mm yang optimal ini juga mampu menghasilkan kualitas foto layaknya profesional, dengan separasi yang baik antara objek dan latar belakang.

Baca juga: Bocoran spesifikasi realme Note 60, dari kamera hingga baterai

Smartphone ini juga mendukung teknologi in-sensor zoom yang meningkatkan fleksibilitas, memungkinkan anak muda untuk beralih secara mulus antara zoom 3x dan 6x.

Selanjutnya mari membahas realme 13 Pro 5G yang tak kalah menarik menjadi opsi untuk penggunaan harian, perbedaan mendasar terletak pada sensor yang disematkan di kamera. realme 13 Pro 5G ponsel ini dibekali dengan sensor Sony LYT-600 50 MP yang juga didampingi oleh OIS.

Perbedaan lainnya terletak pada kemampuan zoom-nya, pada realme 13 Pro 5G kemampuan yang disematkan berupa 2x in-sensor zoom.

Dari segi dukungan AI, kedua ponsel ini baik realme 13 Pro+ 5G maupun realme 13 Pro 5G telah dilengkapi dengan realme HYPERIMAGE+ Camera System dan AI HyperRAW Algorithm.

Sistem tersebut memungkinkan pemrosesan gambar oleh AI dalam domain RAW yang secara signifikan meningkatkan gambar yang jernih dengan rentang dinamis sehingga hasil yang didapatkan tetap semirip kondisi aslinya.

Baca juga: realme kenalkan 320W SUPERSONIC Charge dan teknologi-teknologi baru

Spesifikasi Umum 

Dari sisi performa untuk dapur pacu, realme mempercayakan chipset Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2 pada realme 13 Pro 5G series yang memungkinkan mulus di berbagai skenario penggunaan sehari-hari.

Seri ponsel ini juga menawarkan tampilan layaknya ponsel flagship dengan layar AMOLED yang melengkung diberi nama Curved Vision Display 120 Hz.

Untuk dayanya, keduanya juga dipastikan dapat dijalankan dengan prima seharian dengan baterai besar 5200 mAh.

Hal yang membedakan antara versi Pro dan Pro Plus adalah dukungan pengisian daya cepatnya untuk realme 13 Pro 5G dilengkapi dengan pengisian daya 45 W sedangkan realme 13 Pro+ 5G dengan dukungan pengisian daya lebih cepat yaitu 80 W. Keduanya juga memiliki ketahanan air dan debu berkat sertifikasi IP65.

Baca juga: realme siap ungkap teknologi pengisian daya tercepat pada 14 Agustus

Membahas ketersediaan dan harganya, realme 13 Pro 5G tersedia dalam dua warna di Indonesia yaitu Monet Purple dan Emerald Green dengan pilihan memori RAM 8GB+8GB dan ROM 256GB seharga Rp5.999.000.

Untuk penjualan Flash Sale pada 25 September 2024 gawai ini bisa dibeli seharga Rp5.599.000 eksklusif di realme.com, Tokopedia, dan Tokopedia Shop.

Selanjutnya untuk realme 13 Pro+ 5G juga tersedia dalam dua warna yaitu Monet Golddan Emerald Green yang menghadirkan dua konfigurasi memori.

Pertama RAM 8GB+8GB dengan ROM 256 GB dijual dengan harga Rp6.499.000. Khusus untuk penjualan Flash Sale di 25 September 2024, varian ini hanya tersedia eksklusif di Shopee dan realme.com seharga Rp6.099.000.

Konfigurasi kedua ialah RAM 12GB+12GB dengan memori 512GB yang dibanderol seharga Rp6.999.000.Penjualan Flash Sale-nya di 25 September 2024 00.00 WIB hadir dengan harga Rp6.599.000 di realme.com dan berbagai e-commerce di Indonesia.

Pembelian secara pre-order sudah berlangsung dan dapat dilakukan hingga 24 September 2024 baik secara daring maupun langsung ke gerai-gerai terdekat realme.

Pewarta : Livia Kristianti
Uploader : Admin Kalteng
Copyright © ANTARA 2024