Kuala Pembuang (ANTARA) - Anggota DPRD Seruyan, Kalimantan Tengah Bejo Riyanto meminta pemerintah kabupaten lebih memerhatikan kondisi drainase atau saluran air di wilayah setempat.

"Terutama yang ada pada sejumlah sudut dalam Kota Kuala Pembuang," kata Bejo Riyanto di Kuala Pembuang, Senin.

Hal ini penting dilakukan agar saat memasuki musim hujan, drainase tetap berfungsi dengan baik sehingga tidak menyebabkan adanya genangan air atau banjir.
 
"Sangat penting untuk memperhatikan kebersihan drainase, jadi nanti pada saat musim hujan bisa berfungsi sebagaimana mestinya," tegasnya.

Instansi terkait diminta memerhatikan hal ini, sehingga drainase yang ada khususnya di ibu kota kabupate tidak tersumbat dan dapat berfungsi.

"Jadi untuk memastikan hal tersebut, memang harus ada pemantauan maupun pemeliharaan dari instansi terkait," jelasnya.
 
Menurutnya, apabila turun hujan dengan intensitas tinggi dan terus menerus, drainase dapat menampung air dan mencegah adanya luapan air ke jalanan yang bisa saja mengakibatkan banjir.

Namun di sini dia juga menyampaikan, untuk memastikan kondisi drainase dalam keadaan baik, maka juga tak hanya bisa bergantung pada pemerintah.

"Ini tanggung jawab bersama, termasuk masyarakat yang diharap turut menjaga serta supaya jangan sampai membuang sampah sembarangan apalagi di drainase," ujar Bejo.

Pewarta : Faisal/Arif Hidayat
Uploader : Admin 1
Copyright © ANTARA 2024