Palangka Raya (ANTARA) -
Bank Kalteng menggelar Selalu Berkah Award 2024 sebagai salah satu apresiasi terhadap pertumbuhan serta perkembangan para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Provinsi Kalimantan Tengah.
 
"Alhamdulillah Selalu Berkah Award ini berjalan dengan baik dan lancar, begitu pula Program Selalu Berkah yang kami jalankan hingga saat ini dalam rangka mendukung UMKM naik kelas," kata Direktur Pemasaran dan Bisnis Bank Kalteng Marzuki di Palangka Raya, Rabu.
 
Dalam puncak penyelenggaraan Selalu Berkah Award 2024 turut dihadiri Ketua Dekranasda Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran, Kepala Dinas Koperasi UKM Norhani, perwakilan OJK, para pelaku UMKM berbagai daerah, serta lainnya.
 
Adapun yang menjadi Juara I dalam Selalu Berkah Award 2024 yakni Batik Mata Andau dari Palangka Raya, Juara II Jawet Bawi Dayak dari Pulang Pisau, Rahmat Lestari Collection dari Nanga Bulik Lamandau, Harapan I UD Nabil Reihan Rotan dari Kuala Kapuas, serta Harapan II Hapakat Manjawet dari Kasongan Katingan.
 
Kemudian tiga UMKM lainnya juga dinobatkan sebagai Best Start Up, meliputi Batik Linsay Mura dari Puruk Cahu, Andina Attire dari Sampit, serta Sabun Turan Amis dari Barito Timur.
 
Masing-masing pelaku usaha ini mendapatkan uang pembinaan untuk mendukung pengembangan usaha dari Bank Kalteng dengan nilai bervariasi yang total keseluruhannya mencapai puluhan juta rupiah.
 
Lebih lanjut Marzuki memaparkan, Sentra Layanan Pelaku Usaha (Selalu) Berkah, merupakan program Bank Kalteng untuk membantu pelaku UMKM bisa terus bertumbuh bisnisnya, dengan meningkatkan kapasitas atau kemampuan, sehingga dapat benar-benar naik kelas.

Baca juga: Bank Kalteng-USAID SEGAR kolaborasi kembangkan pendanaan hijau
 
Melalui Program Selalu Berkah, pihaknya memberikan empat fasilitasi kepada pelaku usaha, meliputi akses permodalan dengan suku bunga sangat rendah, pelatihan, pemasaran, serta pendampingan usaha.
 
"Program Selalu Berkah ini berjalan dengan sangat baik serta memberikan banyak manfaat bagi pelaku UMKM, tentunya juga berkat dukungan penuh dari Pak Gubernur Kalteng Sugianto Sabran maupun Ketua Dekranasda Kalteng Yulistra Ivo," tuturnya.
 
Marzuki menegaskan pihaknya berkomitmen untuk terus memacu serta meningkatkan kualitas dari Program Selalu Berkah, sehingga dapat memberikan semakin banyak lagi manfaat bagi masyarakat maupun dukungan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kalteng.
 
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalteng Yulistra Ivo mengapresiasi pelaksanaan Selalu Berkah Award 2024. Dia pun menyambut positif pelaksanaan Program Selalu Berkah Bank Kalteng yang dinilai berhasil mendukung pelaku UMKM untuk terus tumbuh dan semakin berkembang.
 
"Saya harapkan para pemenang award maupun pelaku usaha lainnya tetap mendapatkan pendampingan serta pembinaan dari Bank Kalteng untuk membantu peningkatan kapasitas. Baik melalui program pelatihan, ataupun literasi keuangan," ucapnya.

Baca juga: Bank Kalteng raih Penghargaan Most Efficient BPD Sumatera-Kalimantan

Baca juga: Bank Kalteng raih Penghargaan 'The Excellent Performance Bank in 20 Consecutive Years 2003-2023'

Baca juga: Pemkab Katingan dukung Bank Kalteng terus meningkatkan layanan

Pewarta : Muhammad Arif Hidayat
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024