Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Hap Baperdu mengingatkan sekaligus meminta seluruh masyarakat di wilayah setempat, agar tidak terhasut isu-isu hoaks, khususnya terkait kebakaran rumah yang akhir-akhir ini marak terjadi.

"Terkait isu yang dihubungkan dengan massa politik ini, saya pikir kurang begitu ada hubungannya. Ini mungkin terjadi karena musibah saja," katanya di Palangka Raya, Kamis.

Menurut dirinya, provinsi ini tak terkecuali Kota Palangka Raya, terdapat prinsip 'Huma Betang' atau yang dimaksudkan hidup rukun bersama-sama dalam perbedaan. Hal tersebut telah tergambar dengan kehidupan masyarakat yang saling menghormati antar sesama pemeluk agama, terlebih di Kota Palangka Raya toleransi beragamanya sangat tinggi.

"Kondisi tersebut tentunya secara tidak langsung menepis isu-isu yang sedang berkembang saat ini. Jadi saya yakin masyarakat memiliki pemikiran yang positif," kata Hap.

Legislator Palangka Raya itu pun mengatakan bahwa toleransi beragama yang telah terjalin erat ini, harus dapat terus dijaga dan dipupuk agar kedepan tidak menjadi pemicu perpecahan antar masyarakat.

Untuk itu, masyarakat juga diminta agar tidak mudah termakan isu-isu yang sedang berkembang di massa-massa politik seperti yang terjadi di Kota Palangka Raya.

Baca juga: DPRD tekankan pentingnya respon cepat terhadap rancangan perubahan APBD 2024

"Tentunya masyarakat harus bisa menyaring isu-isu atau informasi apa saja yang saat ini beredar. Jangan justru masyarakat kita yang membuat dan menyebarkan isu-isu hoaks," ujarnya.

Hap pun menekankan kepada masyarakat, bahwa membuat dan menyebarkan isu atau informasi hoaks merupakan suatu tindakan tindak pidana yang melanggar hukum. Dengan begitu, masyarakat harus segera melaporkan kepada kepolisian ketika mendapatkan isu atau informasi hoaks sehingga hal tersebut tidak semakin menyebar luas.

"Perlu adanya sinergi antara masyarakat dan kepolisian sehingga kedepan tidak ada isu dan informasi hoaks yang beredar di kalangan masyarakat," demikian Hap.

Baca juga: Pemerintah diminta beri dukungan maksimal kepada atlet di Palangka Raya

Baca juga: DPRD sebut pentingnya perluasan layanan internet dukung kemajuan pendidikan

Baca juga: Polisi tangkap dua tersangka pembakaran rumah kosong di Palangka Raya

Pewarta : Rajib Rizali
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024