Pangkalan Bun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), melaksanakan pelatihan jabatan fungsional perencana di wilayah setempat.

Pelatihan itu bertujuan meningkatkan kompetensi dan profesionalitas pejabat perencana di lingkungan pemerintah kabupaten," kata Kepala BKPSDM Kobar Aida Lailawati di Pangkalan Bun, Senin.

"Ada dua hal yang patut menjadi perhatian dalam pelatihan jabatan fungsional perencana ini, yaitu pengembangan kompetensi dan pengembangan karir pejabat perencana," tambahnya.

Dikatakan, semenjak penyetaraan jabatan dari pejabat pengawas menjadi pejabat fungsional, BKPSDM secara bertahap akan melaksanakan pelatihan maupun bimtek kepada pejabat fungsional, termasuk fungsional perencana. Kegiatan ini sebagai salah satu upaya BKPSDM untuk meningkatkan kompetensi pejabat fungsionalnya.

"Kegiatan itu diikuti 38 penjabat fungsional perencana dari berbagai OPD, dilaksanakan di aula Hotel Arsela dan narasumber yang hadir secara langsung memberikan materi yaitu Randy R Wrihatnolo selaku merupakan Perencana Ahli Utama Kementerian PPN/Bappenas," beber Aida.

Baca juga: Festival Batang Arut jadi salah satu daya tarik pariwisata di Kobar

Dia menyampaikan, pejabat perencana merupakan orang-orang hebat, dan alasannya tidak lain karena pejabat perencana menguasai semua rencana kegiatan yang akan dilakukan oleh OPD.  Selain itu, pejabat perencana juga sangat mudah menyesuaikan diri ke posisi manapun saat mendapat mutasi maupun promosi. Ini merupakan pengamatan saya selama ini terhadap pejabat perencana,” disampaikannya.

Kepala BKPSDM Kobar itu pun berharap, melalui pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan mendapat pengetahuan baru yang mendukung karir pejabat perencana.  Sebab, dengan adanya peningkatan kompetensi, peran perencana dapat lebih strategis dalam merumuskan rencana pembangunan daerah melalui OPD masing-masing.

"Tentunya kami juga berharap kegiatan tersebut dapat bermanfaat serta menjadi bekal dalam melaksanakan tugas perencanaan di pemerintahan," demikian Aida.

Baca juga: Pemkab Kobar dan PIP Kemenkeu RI kerjasama tingkatkan kualitas UMKM

Baca juga: Pj Bupati Kobar: Netralitas lembaga penyelenggara jadi kunci utama suksesnya pilkada

Baca juga: Pj Bupati Kobar minta satlinmas terlibat aktif jaga keamanan di lingkungan masyarakat

Pewarta : Safitri RA
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024