Pangkalan Bun (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah Budi Santosa meyakini bahwa yakin pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, berjalan aman dan tertib.

Hal tersebut disampaikannya, karena kedua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kobar berlatar belakang Hukum, dan hal tersebut menjadi jaminan keduanya memahami pentingnya mematuhi peraturan yang ada selama proses pilkada.

"Kedua paslon memiliki pengetahuan yang mendalam tentang hukum, dan saya yakin kedua paslon tersebut akan mengikuti aturan dengan baik selama proses pilkada berlangsung," kata Budi Santosa di Pangkalan Bun, Senin.

Selain itu, Budi juga memberikan apresiasi kepada kedua lembaga penyelenggara pilkada yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) wilayah setempat, yang berperan penting dalam kelancaran pilkada tersebut.

"Saya ingin kepada dua lembaga tersebut yaitu KPU dan juga Bawaslu untuk dapat menjalankan fungsinya dengan baik, serta memastikan tidak ada kecurangan dan pelanggaran selama proses pilkada ini," ucapnya.

Tidak hanya itu, peran lembaga-lembaga penyelenggara saja tetapi peran masyarakat juga sangat penting untuk kelancaran keberlangsungan nya pelaksanaan pilkada serentak.

Dia mengungkapkan, peran penting masyarakat untuk selalu menjaga suasana yang kondusif selama pelaksanaan pilkada , yaitu dengan menunjukkan sikap saling menghormati, khususnya sesama pendukung pasangan calon serta tidak terprovokasi hoax.

Baca juga: Pj Bupati Kobar: Netralitas lembaga penyelenggara jadi kunci utama suksesnya pilkada

"Pilkada ini adalah pesta demokrasi, bukan ajang untuk saling menjatuhkan. Saya berharap masyarakat bisa menunjukkan kedewasaan dalam berdemokrasi, tetap jaga perdamaian dan tidak mudah terhasut isu hoax," ungkapnya.

Budi menambahkan, karena keamanan dan ketertiban pilkada bukan hanya tanggung jawab aparat, tetapi tanggung jawab bersama elemen masyarakat.

"Saya yakin dan percaya, dengan kesadaran hukum yang di miliki oleh kedua paslon, dukungan penuh dari masyarakat, serta kerja keras KPU dan juga Bawaslu, insyaallah pilkada serentak di kobar dapat berjalan aman, lancar dan sukses," demikian Budi Santosa.

Baca juga: Peserta Pilkada Kobar sudah diberikan nomor urut

Baca juga: Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Kobar ikuti melaksanakan pemeriksaan kesehatan

Baca juga: Pj Bupati Kobar ingatkan masyarakat waspadai hoaks pada Pilkada 2024

Pewarta : Safitri RA
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024