Pangkalan Bun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah terus mendorong agar sektor perikanan di wilayah setempat dapat terus meningkat serta tumbuh berkembang.

"Hal itu tentunya bertujuan untuk bisa memenuhi asupan gizi bagi masyarakat serta mampu menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi bagi daerah," kata Asisten Administrasi Umum Setda Syahrudin di Pangkalan Bun, Kamis.

Hal tersebut disampaikannya bersamaan dengan peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas). Perayaan tahun ini merupakan yang ke 11 dengan menyongsong tema ”Dengan Generasi Emas, Kita Membangun Bangsa”.

Syahruddin mengatakan, pentingnya konsumsi ikan untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia Indonesia, agar mampu bersaing dalam kehidupan global yang sangat cepat perubahannya.

“Ikan sebagai sumber bahan pangan sehat berperan mendukung Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), dalam rangka mengurangi beban penyakit sehingga dapat mewujudkan kualitas hidup masyarakat yang lebih baik dan meningkatkan produktivitas,” ucapnya.

Menurutnya, terbangunnya kecerdasan dan kesehatan, serta keterampilan itu tentunya sangat berkaitan dengan asupan gizi yang diterima oleh tubuh manusia sejak dalam kandungan sampai kepada akhir hayatnya.

Baca juga: Desa Sabuai berhasil raih posisi pertama ajang Lomdeskel berprestasi tingkat nasional

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kobar Rusliansyah mengatakan, pihaknya belum lama ini juga telah menggelar lomba memasak  berbahan dasar ikan.

"Melalui lomba tersebut kita sekaligus mengajak masyarakat untuk gemar makan ikan, sehingga dengan hal itu berdampak pada meningkatnya tingkat konsumsi ikan," ucapnya.

Dia menyebutkan, lomba tersebut diikuti  oleh 10 Tim PKK dari lima kecamatan yang ada di Kabupaten Kobar yaitu Kecamatan Arut Selatan, Kumai, Pangkalan Lada, Pangkalan Banteng dan Kecamatan Kotawaringin Lama. Selain itu juga UMKM/Poklahsar yang bergerak di bidang pengolahan hasil perikanan.

Rusliansyah menambahkan, perikanan merupakan salah satu sektor pembangunan yang menjadi perhatian pemerintahan sekarang, serta diharapkan dapat menjadi pendorong pembangunan di Kabupaten Kobar.

"Oleh karena itu saya mengajak kepada kita semua untuk setiap hari mengkonsumsi ikan, untuk itu gerakan memasyarakatkan ikan akan terus digaungkan, agar kebiasaan makan ikan menjadi sebuah budaya, dan pada akhirnya mampu berkontribusi pada kualitas sumber daya manusia di daerah ini," demikian Rusliansyah.

Baca juga: Pj Bupati Kobar terima penghargaan upakarya wanua nugraha dari Mendagri

Baca juga: Kobar jadi kabupaten terbanyak di Kalteng menerima penghargaan Adiwiyata

Baca juga: Gubernur Kalteng gratiskan paket sembako pasar murah tiga kelurahan di Kobar


Pewarta : Safitri RA 
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024