Pangkalan Bun (ANTARA) - Desa Sabuai, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah berhasil meraih juara 1 pada ajang  Lomba Desa/Kelurahan (Lomdeskel) Berprestasi tingkat Nasional tahun 2024.

"Harapannya prestasi yang berhasil diraih Desa Sabuai ini dapat menjadi contoh sekaligus inspirasi bagi 80 desa di daerah ini," kata Pj Bupati Kobar Budi Santosa di Pangkalan Bun, Rabu.

Adapun lomba Desa/Kelurahan Berprestasi merupakan ajang penilaian dan evaluasi pembangunan desa dan kelurahan yang diselenggarakan setiap tahun oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Budi pun mengapresiasi atas keberhasilan Desa Sabuai yang telah meraih posisi pertama pada ajang tersebut, sembari berharap keberhasilan yang diraih ini dapat menjadi motivasi bagi desa lainnya. Apalagi penghargaan yang berhasil diraih ini, tidak terlepas dari dukungan serta sinergi yang baik masyarakatnya.

"Terimakasih atas dukungannya, jadikan ini motivasi untuk terus mengembangkan desa dan kelurahan, demi mewujudkan pemerintahan yang semakin baik dan bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sabuai Tohari menyampaikan, keberhasilan menoreh prestasi gemilang tersebut menjadi bukti nyata keberhasilan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Sabuai.

Baca juga: Pj Bupati Kobar terima penghargaan upakarya wanua nugraha dari Mendagri

"Keberhasilan ini tidak lepas dari sinergi dan kolaborasi yang baik antara pemerintah desa, lembaga masyarakat, dan seluruh elemen masyarakat Desa Sabuai," disampaikannya.

Dia menyebutkan pada Lomdeskel berprestasi tersebut, ada beberapa aspek-aspek yang dinilai diantaranya pemerintahan, kemasyarakatan, dan ekonomi. 

Kemenangan Desa Sabuai sebagai Juara 1 Lomba Desa Berprestasi diharapkan dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi desa-desa lain di Indonesia untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pembangunan di wilayahnya masing-masing," demikian Tohari.

Baca juga: Kobar jadi kabupaten terbanyak di Kalteng menerima penghargaan Adiwiyata

Baca juga: Jadikan HUT Ke-65 Kobar momen refleksi bersama menatap masa depan lebih baik

Baca juga: Pemkab Kobar resmi umumkan pengadaan PPPK tahun 2024

Pewarta : Safitri RA
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024