Desa Sabuai masuk 5 besar lomba desa berprestasi nasional

id Desa Sabuai masuk5 besarlomba desa berprestasinasional, kalteng, kobar, Kotawaringin barat

Desa Sabuai masuk 5 besar lomba desa berprestasi nasional

Pendampingan tim penilaian lomdeskel berprestasi tingkat nasional oleh Pemkab Kobar, Selasa (3/9/2024) ANTARA/HO-istimewa.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Desa Sabuai Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mewakili Provinsi Kalimantan Tengah pada Lomba Desa dan Kelurahan (Lomdeskel) Berprestasi Tingkat Nasional tahun 2024.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kobar Yudhi Hudaya menyampaikan, bahwa dalam lomba tersebut Desa Sabuai masuk dalam nominasi 5 besar.

"Kami sangat apresiasi dan bangga, karena Desa Sabuai masuk 5 besar nominasi juara nasional mewakili Kalteng, dengan sudah mengalahkan 35 ribu desa se-Indonesia," katanya di Pangkalan Bun, Rabu.

Yudhi mengungkapkan, pencapaian prestasi yang diraih oleh Desa Sabuai ini, tidak terlepas dari sinergi yang baik seluruh elemen masyarakatnya, untuk membangun desa lebih baik lagi.

"Berbagai inovasi dan program unggulan diimplementasikan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat di berbagai bidang, " ungkapnya.

Pembenahan dilakukan mulai dari bidang pemerintahannya tata administrasi yang baik, transparansi pengelolaan dana desa, partisipasi aktif masyarakat dalam pengambilan keputusan, bidang kesejahteraannya dengan peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, dan ekonomi masyarakat.

Baca juga: Pelamar CPNS di Kobar sudah 1.461 orang

Selain itu di bidang keamanan dan ketertiban, dengan terciptanya lingkungan yang aman, damai, dan kondusif. Dalam hal lingkungan, masyarakat Desa Sabuai juga mampu menciptakan kebersihan lingkungan, pengelolaan sampah yang baik, dan pelestarian lingkungan hidup.

Dia mengungkapkan, bahwa sebelumnya Desa Sabuai juga telah berhasil meraih juara 1 Lomdeskel berprestasi Tingkat Regional Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2024.

Pengumuman diberitakan pada 30 Juli 2024 dan penyerahan penghargaan ini berlangsung pada tanggal 17 Agustus 2024.

Yudhi menambahkan, dirinya berharap prestasi yang berhasil di raih oleh Desa Sabuai tersebut dapat menjadi motivasi bagi Desa Sabuai untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya.

"Serta diharapkan juga hal ini dapat menjadi inspirasi bagi desa-desa lain di Kobar, untuk bersama-sama membangun desa yang maju, mandiri, dan sejahtera, " Demikian Yudhi Hudaya.

Baca juga: Tindak lanjuti laporan masyarakat, Satpol PP Kobar sita miras ilegal

Baca juga: Pj Bupati Kobar resmikan gedung ULD, upaya pemerataan pelayanan publik

Baca juga: Kades terlibat penipuan, warga Desa Runtu segel kantor desa