Disarpustaka Kapuas layani masyarakat pesisir perkuat literasi

id Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Disarpustaka kapuas, kapuas, kalteng, Kabupaten Kapuas, Ditpolairud Polda Kalimantan Tengah, Polda, Kalimantan Tenga

Disarpustaka Kapuas layani masyarakat pesisir perkuat literasi

Disarpustaka Kapuas saat kunjungi pondok baca yang di siapkan Ditpolairud Polda Kalteng di wilayah Kecamatan Kapuas Murung, belum lama ini. ANTARA/HO-Disarpustaka Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas bekerjasama dengan Ditpolairud Polda Kalimantan Tengah, terus berupaya memperkuat literasi masyarakat di Kecamatan Kapuas Murung Raya, khususnya Desa Palangkau Lama dan Palangkau Baru.

Kerjasama ini bertujuan meningkatkan pelayanan dan menghadirkan perpustakaan kepada masyarakat pesisir hingga daerah terpencil, kata Kepala Disarpustaka Kapuas, Suwarno Muriyat, di Kuala Kapuas, Senin.

"Bagaimanapun perpustakaan bisa dimanfaatkan masyarakat dalam mengembangkan potensi diri. Perpustakaan juga salah satu tempat pembelajaran sepanjang hayat," tambahnya.

Terkait dengan kerjasama itu, Suwarno menyatakan bahwa Plt Kabid Pengolahan, Layanan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan dan Pustakawan serta beberapa orang staf beberapa waktu lalu, telah mengunjungi Pondok Baca Melek Huruf Ditpolairud Polda Kalteng yang berada di Pos Polairud Palangkau Lama dan Palangkau Baru.

"Hal itu juga sebagai tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama yang telah disepakati beberapa waktu lalu," beber dia. 

Selain itu, kunjungan yang dilakukan bertujuan untuk melihat perkembangan dalam pengelolaan perpustakaan, sekaligus melakukan pergantian bahan pustaka yang baru untuk perpustakaan pondok baca melek huruf milik Polairud Polda Kalteng yang berada di Desa Palangkau Lama, Kecamatan Kapuas Murung sebanyak 150 eksemplar.

Baca juga: Pemkab Kapuas minta pemerintah pusat tingkatkan bantuan untuk desa

Dia mengatakan perpustakaan memiliki peran penting dalam membangun budaya literasi masyarakat, karena salah satu fungsi perpustakaan yaitu pusat sumber informasi dan pusat sosial budaya untuk memberdayakan masyarakat. 

"Literasi yang kuat dan mampu mendorong manusia pada kegiatan produktif yang memberi manfaat sosial, ekonomi dan kesejahteraan," demikian Suwarno.

Baca juga: Peringatan Hari Jadi Provinsi Kalteng di Kapuas berlangsung khidmat

Baca juga: Pemkab Kapuas serahkan santunan JKM Jamsostek ke pekerja rentan

Baca juga: Sekda Kapuas dukung pertandingan sepak bola usia dini ditingkatkan