Pj Bupati Kobar resmikan gedung ULD, upaya pemerataan pelayanan publik

id pemkab kobar, gedung uld kobar, penyandang disabilitas, unit layanan disabilitas, pangkalan bun, pj bupati budi santosa

Pj Bupati Kobar resmikan gedung ULD, upaya pemerataan pelayanan publik

Peresmian gedung ULD oleh Pj Bupati Kobar Budi Santosa, Pangkalan Bun, Selasa (3/9/2024) (ANTARA/HO-Prokom Kobar)

Pangkalan Bun (ANTARA) -
Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah Budi Santosa meresmikan gedung Unit Layanan Disabilitas (ULD) bidang pendidikan di wilayah setempat.
 
"Setiap individu, tanpa memandang kondisi fisik atau mental, memiliki hak yang sama untuk mendapatkan layanan dan kesempatan setara," kata Budi Santosa di Pangkalan Bun, Selasa.
 
Dia mengatakan, peresmian ini merupakan bentuk nyata dari komitmen Pemerintah Kabupaten Kobar dalam memberikan layanan terbaik, mendukung, dan memfasilitasi hak-hak serta kebutuhan penyandang disabilitas.
 
"Unit layanan disabilitas ini didirikan dengan tujuan untuk menjawab tantangan tersebut, memberikan dukungan yang komprehensif," ucapnya.
 
Lanjutnya, melalui hal ini juga sebagai upaya memastikan penyandang disabilitas mendapat akses yang adil dan layak dalam berbagai aspek kehidupan.

Baca juga: Kades terlibat penipuan, warga Desa Runtu segel kantor desa
 
Budi menyampaikan, pihaknya terus berupaya dalam menjamin akses pendidikan, kesehatan, dan pekerjaan bagi penyandang disabilitas.
 
"Tidak hanya itu kita juga berusaha membangun infrastruktur yang ramah disabilitas untuk menciptakan lingkungan yang bebas hambatan," terangnya.
 
Sementara itu, Sekda Kobar Rody Iskandar menambahkan, ULD adalah wujud nyata dari tanggung jawab pemerintah daerah dalam mendukung pendidikan inklusif di Kobar. 
 
"Kita tahu bahwa anak-anak didik kita yang berkebutuhan khusus harus mendapat pelayanan berdasarkan prinsip kesetaraan," jelasnya.
 
Dia menambahkan, gedung ULD ini diharapkan menjadi langkah awal dalam meningkatkan layanan dan fasilitas bagi penyandang disabilitas di Kobar, serta menciptakan lingkungan lebih inklusif dan ramah bagi semua lapisan masyarakat.
 
Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan penanaman pohon oleh Pj Bupati Budi Santosa didampingi oleh Sekda, Plt Kadisdikbud dan juga Ketua PKK.

Baca juga: Kejari Pangkalan Bun tahan tersangka korupsi aset Desa Karang Mulya

Baca juga: Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Kobar ikuti melaksanakan pemeriksaan kesehatan

Baca juga: DLH Kobar optimalkan bank sampah dalam mengurangi limbah non organik