Desa Sabuai-Kotawaringin Barat lolos tiga besar tingkat regional 2024

id desa sabuai kumai, tohari, lomba desa kelurahan 2024, pangkalan bun, kotawaringin barat, kobar

Desa Sabuai-Kotawaringin Barat lolos tiga besar tingkat regional 2024

Kepala Desa Sabuai Tohari. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Pangkalan Bun (ANTARA) -
Desa Sabuai, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) berhasil lolos masuk tiga besar dalam Lomba Desa dan Kelurahan (Lomdeskel) Berprestasi tingkat regional tahun 2024 sebagai wakil dari Kalimantan Tengah.
 
"Prestasi ini adalah kemenangan kita semua, kemenangan seluruh warga Desa Sabuai. Ini bukan hanya hasil dari pemerintah desa, tapi juga berkat dukungan dan partisipasi aktif masyarakat dalam setiap program pembangunan desa,” kata Kades Sabuai Tohari di Pangkalan Bun, Sabtu.
 
Tohari mengatakan, kunci keberhasilan yang diraih ini tidak terlepas dari kerja sama yang baik antara perangkat desa, tokoh masyarakat, pemuda, dan seluruh warga Desa Sabuai.
 
“Kami bahu-membahu, bekerja keras mewujudkan desa yang lebih maju, mandiri, dan sejahtera. Kami bangga bisa membawa nama Desa Sabuai hingga ke tingkat nasional, tapi perjalanan ini belum selesai. Kami akan terus berinovasi dan berusaha demi kemajuan desa ini,” ucapnya.
 
Ada beberapa program unggulan yang menjadi sorotan dewan juri pada lomdeskel di antaranya di program Pemerintahan Desa Sabuai dikenal memiliki tata kelola pemerintahan yang baik.

Baca juga: DPKP Kobar ajak masyarakat terlibat aktif menjaga sumber daya kelautan dan perikanan
 
Kemudian pada program kesejahteraan masyarakat, meliputi berbagai pemberdayaan ekonomi dan sosial telah berhasil meningkatkan taraf hidup masyarakat Desa Sabuai, dan kesejahteraan warga menjadi prioritas utama.
 
Juga Program Keamanan, Ketertiban dan Pengelolaan Lingkungan yang aman dan nyaman tak lepas dari peranan aktif masyarakat dalam menjaga ketertiban, keamanan dan pelestarian lingkungan yang sangat baik, terutama dalam pengelolaan sampah dan kebersihan desa. 
 
Dengan prestasi tersebut, Desa Sabuai berhak melaju ke tahap presentasi di tingkat nasional, dan berpeluang besar membawa pulang gelar juara nasional, dan desa ini juga akan menerima bantuan dana pembinaan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.
 
Tohari menambahkan, keberhasilan Desa Sabuai diharap bisa menjadi inspirasi bagi desa-desa lain di Kotawaringin Barat maupun Kalimantan Tengah, untuk terus berinovasi dan berjuang dalam membangun desa yang maju, mandiri, dan sejahtera. 
 
“Kami berharap prestasi ini bisa menginspirasi desa-desa lain agar terus meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya,” demikian Tohari.

Baca juga: DPKP Kobar gelar pasar murah membantu masyarakat

Baca juga: Disdikbud Kobar tingkatkan kompetensi guru paud terhadap kurikulum muatan lokal

Baca juga: Pemkab Kobar komit terus kawal dan bina pengelolaan keuangan desa