Pangkalan Bun (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah Budi Santosa menyatakan bahwa Hari Jadi ke-65 Kabupaten Kobar, bukan hanya sebagai momen mengenang sejarah panjang berdirinya kobar, tetapi juga refleksi bersama menatap masa depan lebih baik.

Seluruh elemen masyarakat Kotawaringin Barat diajak untuk bersama-sama bersatu dan berkolaborasi dalam pembangunan daerah, kata Budi di Pangkalan Bun, Kamis.

"Tentunya hal itu selaras dengan tema HUT kabupaten kobar tahun ini yaitu Kolaborasi Untuk Kobar Lebih Maju," ucapnya.

Menurut dia, tema tersebut memiliki makna yang mendalam yaitu mempresentasikan pihak-pihak yang turut berkontribusi, dalam upaya memajukan pembangunan di kabupaten Kobar.

"Baik itu dari pemerintah, aparatur negara, masyarakat sipil dan generasi muda yang turut andil dalam kemajuan kabupaten kobar," sebutnya.

Dia mengungkapkan, pada usia Kabupaten Kobar kini yang tidak muda lagi, tentunya kobar di tuntut untuk bisa melakukan evaluasi diri dan perbaikan terus menerus, sehingga capaian kerja lebih optimal.

"Alhamdulillah dalam satu tahun terakhir ini, kita telah bersama sama berhasil meraih banyak prestasi," ujar Budi Santosa.

Baca juga: Gubernur Kalteng ajak masyarakat bersama-sama ciptakan Pilkada damai

Adapun prestasi yang berhasil diraih oleh Kabupaten Kobar diantaranya kembali meraihnya piala Adipura ke 13 kalinya, berhasil meraih penghargaan perencanaan pembangunan daerah terbaik satu Kabupaten atau kota se-Kalteng.

Selain itu, kobar juga berhasil menambah layanan penerbangan dengan maskapai Batik Air, menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award kategori Madya, RSUD Sultan Imanuddin memperoleh penghargaan juara I rumah sakit penyelenggara pusat pelayanan kecelakaan kerja.

RSUD Sultan Imanuddin juga mendapatkan penghargaan BPJS terbaik se-Kalteng, Pemkab Kobar berhasil meraih penghargaan atas capaian standar pelayanan minimal (spm) tertinggi se-Kalteng, dan terbaik penilaian kinerja penurunan stunting se- Kalimantan Tengah, serta prestasi lainnya.

Budi menambahkan, harapannya melalui momentum hari jadi Kabupaten Kobar ini, semoga semakin mempererat rasa kebersamaan, menumbuhkembangkan semangat gotong royong, dan persatuan kedepannya.

"Mari kita bersama-sama berjuang dan mewujudkan Kotawaringin Barat yang lebih maju," demikian Budi Santosa.

Baca juga: Gubernur Kalteng: Terus berkolaborasi membangun Kobar

Baca juga: Kenang perjuangan dan pengorbanan, Pj Bupati ziarah ke makam para pendiri Kobar

Baca juga: Pemkab Kobar resmi umumkan pengadaan PPPK tahun 2024

Pewarta : Safitri RA
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024