Jakarta (ANTARA) - Australia menorehkan kemenangan perdana pada Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan melumat China 3-1 di Stadion Oval, Adelaide, Kamis.

Ketiga gol Australia dicetak oleh Lewis Miller, Craig Goodwin dan Nishan Velupillay, sedangkan China sempat unggul lebih dahulu berkat Xie Wenneng, demikian catatan AFC.

Australia pun naik ke peringkat kedua klasemen Grup C dengan empat poin dari tiga laga, sedangkan China tetap juru kunci dengan nol poin.

Australia langsung menggebrak sejak menit pertama, beberapa peluang yang mereka ciptakan tak menjadi ancaman berarti bagi China.

Justru China yang membuat kejutan dengan unggul lebih dahulu pada menit ke-20 setelah umpan sundulan Zhang Yuning dikonversi menjadi gol oleh Xie Wenneng.

Australia langsung merespon dengan menekan lini pertahanan China. Mereka membuat peluang berbahaya lewat tendangan Nestory Irankunda, namun bola menyamping dari gawang Wang Dalei.

Australia akhirnya menyamakan kedudukan 1-1 pada menit tambahan babak pertama setelah tendangan bebas Craig Goodwin disambut sundulan Lewis Miller yang bersarang di gawang China.

Pada babak kedua, Australia kembali langsung menyerang sampai kemudian berbalik unggul pada menit ke-53.

Berawal dari sodoran Jackson Irvine, bola  diterima oleh Craig Goodwin yang melepaskan tendangan jarak jauh keras untuk membobol gawang China sehingga skor berubah 2-1.

The Socceroos semakin bersemangat menambah keunggulan, salah satunya lewat tendangan Miller yang sayanganya melenceng dari sasaran.

Pada menit 90+2, Australia mendapatkan gol ketiganya lewat gol Nishan Velupillay yang memanfaatkan kemelut di depan gawang China.

Selanjutnya Australia bertandang ke Jepang pada pertandingan keempat Grup C pada Selasa pekan depan, sedangkan China menjamu Indonesia dalam  hari yang sama.

Pewarta : Aldi Sultan
Uploader : Ronny
Copyright © ANTARA 2024