Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, memberikan berbagai program layanan menarik bagi anak-anak dari TK Pembina Kapuas yang mengunjungi tempat mereka.

"Program-program ini dirancang untuk meningkatkan minat baca dan memperkenalkan dunia perpustakaan sejak dini kepada anak-anak," kata Kepala Disarpustaka Kabupaten Kapuas, Suwarno Muriyat, usai menerima kunjungan, Jumat.

Layanan pertama yang mereka sediakan adalah layanan perpustakaan fisik. Anak-anak diajak berkeliling perpustakaan untuk melihat berbagai koleksi buku yang tersedia. Petugas perpustakaan memberikan penjelasan tentang cara mencari dan meminjam buku, serta memperkenalkan berbagai jenis buku cerita yang sesuai dengan usia anak-anak.

"Tujuannya adalah untuk menumbuhkan kecintaan terhadap buku dan kebiasaan membaca sejak usia dini," katanya.

Selain itu, Disarpustaka Kapuas juga menyediakan layanan perpustakaan digital. Melalui perpustakaan digital ini, anak-anak diperkenalkan pada teknologi modern dalam dunia literasi. Mereka diajarkan cara mengakses buku-buku digital menggunakan perangkat komputer yang tersedia di perpustakaan.

"Layanan ini membantu anak-anak agar lebih mudah mengakses bacaan kapan saja dan di mana saja, sehingga mendukung pembelajaran mereka di era digital," kata Suwarno.

Tidak kalah menarik, lanjut dia, layanan menonton di studio mini yang disediakan oleh Disarpustaka. Di mana Anak-anak diajak menonton film edukasi atau cerita anak yang disesuaikan dengan usia mereka. Dengan menonton film edukasi, anak-anak dapat belajar sambil bermain, memahami cerita melalui visual yang menarik, dan memperluas pengetahuan mereka tentang berbagai hal.

Baca juga: DPMD Kapuas dukung Program Desa Cantik inisiasi BPS

Untuk itu, adanya berbagai program layanan ini, Disarpustaka Kabupaten Kapuas berkomitmen untuk mendukung perkembangan literasi anak-anak sejak dini.

"Harapannya, kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap ilmu pengetahuan, meningkatkan keterampilan membaca, serta memperkuat fondasi pendidikan anak-anak di Kabupaten Kapuas," tuturnya.

Sementara itu, Haryati, salah satu guru pendamping TK Pembina Kapuas, menyampaikan terimaksih serta apresiasinya atas layanan yang diberikan kepada muridnya, sehingga dapat meningkatkan minat baca anak-anak sejak usia dini.

"Semoga dengan kunjungan ini, minat baca anak-anak lebih meningkat, dan keterampilan membaca lebih baik lagi," demikian Haryati.

Baca juga: Pemprov-Pemkab Kapuas kolaborasi sediakan sembako murah di dua kecamatan

Baca juga: Pj Bupati harapkan Kafilah Kapuas raih prestasi dalam ajang FASI XII

Baca juga: Pemkab Kapuas susun strategi percepatan penanggulangan kemiskinan

Pewarta : All Ikhwan
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024