Kuala Kurun (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) melakukan rekonstruksi dan pemeliharaan terhadap sejumlah ruas jalan di Kelurahan Kuala Kurun dan Kelurahan Tampang Tumbag Anjir, menggunakan APBD kabupaten tahun anggaran 2024.
 
Kepala DPU Gumas Baryen saat dihubungi dari Kuala Kurun, Rabu, mengatakan sejumlah ruas jalan yang dimaksud yakni Jalan Kasturi, Jalan Rambutan, Jalan DI Panjaitan, dan Jalan Delima ujung.
 
“Kemudian Jalan Salman Alibasyah, Jalan Adonis Samad, Jalan E.L. Gerson, Jalan Ais Nasution, dan Jalan Salman Alibasyah II. Ada juga pembangunan Jalan Ir Soekarno,” sambungnya.
 
Lalu penanganan terhadap beberapa jalan lingkungan antara lain Gang Muslim, Jalan Karya II Gang 1, Jalan Tjilik Riwut Gang 1, Jalan Singa Kenting, Jalan Rintuh, Jalan Sumber Rejeki (lanjutan), Jalan Gaman Runting.
 
Selanjutnya Jalan Soeprapto Gang Sirih, Jalan Ais Nasution IV, Jalan Yos Sudarso 2 (lanjutan), Jalan B Katamso I a, Jalan B Katamso XI, Jalan B Katamso X b, Jalan Pierre Tendean III c, serta Jalan Temanggung Panji-Jalan Yos Sudarso.
 
Ia menjelaskan, secara keseluruhan nilai kontrak rekonstruksi Jalan Kasturi, Jalan Rambutan, Jalan DI Panjaitan, dan Jalan Delima ujung mencapai sekitar Rp2,9 miliar.
 
Adapun pekerjaan yang dilakukan yakni lataston lapis aus (pengaspalan) sepanjang 1.191 meter dan pemasangan satu unit box culvert. Untuk pengerjaan saat ini sedang berjalan dan progresnya sudah mencapai sekitar 76 persen.

Baca juga: DPU Gumas paparkan progres dua ruas jalan hasil DBH sawit
 
Untuk rekonstruksi Jalan E.L Gerson, Ais Nasution dan Salman Alibasyah II rencananya akan dilakukan pengaspalan sepanjang 1.247 meter, dengan nilai kontrak sekitar Rp4,5 miliar.
 
Untuk Jalan Salman Alibasyah dan Jalan Adonis Samad dilakukan pemeliharaan berkala. Adapun item pekerjaan yakni lataston lapis aus (pengaspalan) sepanjang 653 meter dengan nilai kontrak sekitar Rp1,8 miliar, dan progresnya sudah mencapai sekitar 79 persen.
 
“Kemudian untuk pembangunan Jalan Ir Soekarno Kuala Kurun memiliki nilai kontrak sekitar Rp2,9 miliar. Saat ini pengerjaan sedang berjalan dan progresnya mencapai sekitar 45 persen,” bebernya.
 
Adapun item pekerjaan pembangunan Jalan Ir Soekarno meliputi galian biasa sepanjang 1.450 meter, timbunan biasa dari sumber galian, pemasangan dua unit box culvert, serta perbaikan dan perataan permukaan jalan sepanjang 1.350 meter.
 
Untuk keterangan tambahan, di Jalan Ir Soekarno jalan tanah sepanjang 3.500 meter belum diaspal. Lalu lebar badan jalan rencananya 20 meter atau untuk dua jalur kendaraan, namun yang saat ini ditangani hanya satu jalur sepanjang 10 meter. Selain itu ada tga unit box culvert yang belum ditangani.
 
“Yang sudah ada progresnya itu menggunakan APBD murni 2024, sedangkan yang belum ada progresnya dari APBD perubahan. Semua pengerjaan ditargetkan selesai pada Desember 2024,” bebernya.
 
Tak hanya itu, DPU Gumas dalam waktu dekat segera melakukan penanganan secara bertahap terhadap sejumlah ruas jalan berlubang di Kuala Kurun, melalui kegiatan Unit Pemeliharaan Rutin (UPR) jalan, menyesuaikan anggaran yang tersedia.
 
Lebih lanjut, dia menegaskan pemerintah daerah tidak hanya melakukan rekonstruksi jalan di Kelurahan Kuala Kurun dan Kelurahan Tampang Tumbang Anjir. Untuk desa/kelurahan lain juga mendapat perhatian, baik melalui APBD murni maupun APBD perubahan.
 
“Melalui APBD perubahan ada beberapa pengerjaan jalan lingkungan, seperti melanjutkan peningkatan jalan lingkungan di Kelurahan Tehang Kecamatan Manuhing Raya, peningkatan jalan lingkungan di Kelurahan Tumbang Marikoi Kecamatan Damang Batu, dan beberapa lainnya,” kata Baryen.
 
Sebelumnya, Penjabat Bupati Gumas Herson B Aden menyatakan pemkab memberi perhatian penuh terhadap peningkatan infrastruktur di daerah setempat.
 
“Saya harap semua pekerjaan yang dilakukan oleh DPU Gumas dapat selesai tepat waktu, demi kenyamanan masyarakat,” demikian Herson.

Baca juga: Polres Gumas gelar Operasi Zebra Telabang jelang pelantikan Presiden

Baca juga: Gumas manfaatkan DBH Sawit tingkatkan infrastruktur pacu perekonomian

Baca juga: Pemkab Gumas tangani dua lokasi kerusakan Jalan Mangkurambang

Pewarta : Chandra
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024