Palangka Raya (ANTARA) - Direktur Jenderal Bimas Katolik Kementerian Agama RI Suparman, mewakili Menteri membuka secara langsung Kongres Nasional Ke-XIX Pemuda Katolik yang diselenggarakan di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, dari tanggal 24-27 Oktober 2024.

Kemenag mengapresiasi tema yang diusung dalam kongres ini yakni komitmen Pemuda Katolik mengawal keberlanjutan Pembangunan menuju Indonesia Emas 2045, kata Suparman di Palangka Raya, Kamis malam.

“Tema ini tidak hanya relevan, tetapi juga menunjukkan peran strategis Pemuda Katolik dalam proses Pembangunan nasional, khususnya menyongsong usia 100 tahun Indonesia pada 2045,” ucapnya.

Menurut dia, kongres ini memiliki beberapa tujuan penting yang diyakini dapat memperkuat fondasi organisasi Pemuda Katolik. Mulai dari perubahan dan penetapan anggaran dasar, anggaran rumah tangga, serta memastikan bahwa organisasi ini mampu beradaptasi dengan tantangan zaman

Suparman mengatakan bahwa pemuda Katolik memang harus tetap relevan dan progresif dalam menjawab berbagai tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia.

 

“Saya yakin Pemuda Katolik mampu menjadi bagian penting dalam Upaya mewujudkan Indonesia yang lebih maju, adil dan Makmur,” kata Suparman.

Sementara itu, Ketua Kongres Nasional Ke-XIX Pemuda Katolik Bama Adiyanto mengatakan bahwa kongres ini diikuti lebih dari 500 peserta yang berasal dari Komisariat Daerah (Komda) dan Komisariat Cabang (Komcab).

Panitia pelaksana yang bahu membahu bekerja keras untuk menyukseskan kegiatan kongres ini pun mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pemerintah provinsi atas dukungan penuh, pemerintah kota yang memberikan dukungan berbagai fasilitas, Keuskupan Palangka Raya dan berbagai pihak lainnya.

“Saya sangat bangga pada panitia pelaksana yang sangat solid bekerja mempersiapkan kegiatan ini didampingi Ketua Komda Kalteng Freddy Simamora,” demikian Bama.


Pewarta : Jaya Wirawana Manurung
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024