Palangka Raya, 11/6 (Antara) - Pemerintah kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah kembali meraih penghargaan piala adipura kategori "Kota Kecil Terbersih" tahun 2013, dan ini merupakan anugerah yang ketujuh kali berturut-turut bagi daerah tersebut.

Bupati Kobar Ujang Iskandar di Pangkalan Bun, Selasa, menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang ikut mendukung berbagai program pembangunan kebersihan kota sehingga berhasil mendapat Adipura tujuh kali berturut-turut.

Penghargaan berupa piala Adipura sebagai Kota Kecil Terbersih itu diserahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan diterima Bupati Kobar Ujang Iskandar di Istana Negara, Jakarta, Senin (10/6) bersama 149 kota lainnya di Indonesia.

Bupati Ujang Iskandar mengatakan, Pangkalan Bun sebagai Kota Kecil Terbersih tercatat sejak tahun 2006 yang mendapat penghargaan Adipura pertama. Penghargaan serupa secara berturut-turut berhasil dipertahankan hingga Tahun 2013.

"Ini merupakan komitmen Pemerintah dan masyarakat Kabaupaten Kotawaringin Barat," tambah Bupati Ujang saat tiba dari Jakarta yang disambut dengan tarian selamat datang yang Wakil Bupati Bambang Purwanto, dan Wakil Ketua DPRD M Hasanudin Noor setempat.

Bupati Ujang Iskandar mengatakan, penghargaan piala adipura ini bukan hanya hasil kerja pemerintah dan pasukan kuning yang setiap hari membersihkan jalan raya, tapi merupakan kerja keras dan karya bersama seluruh masyarakat Kobar.

"Piala adipura yang kita peroleh secara berturut-turut dalam tujuh tahun terakhir menjadi kebanggaan bersama. Penghargaan itu kini telah mampu mengubah pola pikir masyarakat kita yang sekarang sangat peduli terhadap kebersihan lingkungan," katanya.

Masyarakat bercita-cita mendapat penghargaan Adipura Kencana pada 2013, namun belum terwujud. Keinginan tersebut terlihat 'menggelora' dari setiap warga yang ikut menjaga dan melestarikan kebersihan dengan harapan dapat meraih Adipura Kencana pada 2014.

"Pemerintah bersama masyarakat Kotawaringin Barat akan berjuang memboyong piala Adipura Kencana ke Pangkalan Bun pada 2014. Mari kita meningkatkan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan di kota yang kita cintai ini," katanya.

Untuk mewujudkan harapan tersebut, pemerintah bersama seluruh masyarakat berupaya meningkatkan kinerja dalam pengelolaan lingkungan kota secara menyeluruh, sehingga piala Adipura Kencana dibawa ke Kotawaringin Barat pada 2014.

Oleh karena itu, Bupati Ujang Iskandar mengajak masyarakat meningkatkan kinerja bagi pengelolaan lingkungan perkotaan yang bersih dan hijau sehingga keinginan meraih piala Adipura Kencana terwujud sesuai harapan pada 2014 nanti.

Pada 2013, pemerintah menganugerahkan penghargaan piala Adipura kategori 'Kota Kecil Terbersih' kepada 149 kota di Indonesia, dan ini bertambah dari sebelumnya yang tercatat 125 kota mendapat penghargaan serupa pada 2012.

Ada tiga kabupaten di provinsi Kalteng yang meraih penghargaan Adipura kategori 'Kota Kecil Terbersih' tahun 2013, yakni Kabupaten Kotawaringin Barat tujuh kali berturut-turut, Kabupaten Kotawaringin Timur ketiga kali, dan Kota Muara Teweh Barito Utara menerima sertifikat Adipura.




(T.S019/B/M009/M009)

Pewarta :
Editor : Ronny
Copyright © ANTARA 2024