Buntok (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah akan segera menyalurkan jatah beras sejahtera kepada keluarga penerima manfaat di daerah itu.

"Kita akan segera menyalurkan beras sejahtera (Rastra) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di enam kecamatan," kata Kasubag Ekonomi Kerakyatan pada bagian Administrasi Perekonomian Setda Barsel, Asriwati, di Buntok, Rabu.

Ia mengatakan, untuk Surat Keputusan (SK) Gubernur Kalimantan Tengah tentang pagu beras sejahtera kabupaten/kota sudah ada dan begitu juga SK Bupati Barito Selatan terkait hal itu juga sudah terbit.

Menurut dia, pihaknya saat ini sedang menggarap petunjuk teknis dan setelah itu akan mengirim surat kepada pihak Bulog Buntok untuk menyalurkan beras sejahtera tersebut kepada penerimanya.

"Beras yang akan disalurkan kepada keluarga penerima manfaat tersebut rencananya untuk jatah enam bulan, karena saat ini sudah memasuki triwulan kedua,"ucap Asriwati.

Keterlambatan penyaluran beras sejahtera ini lanjut dia, karena menunggu data yang dikeluarkan pemerintah pusat terkait jumlah keluarga penerima manfaat yang menerima jatah beras itu.

Ia menjelaskan untuk penerima manfaat pada tahun 2017 berjumlah sebanyak 3.121 Kepala Keluarga dan jumlahnya bertambah jika dibandingkan penerima pada 2016.

"Untuk jumlah Keluarga Penerima Manfaat di Kecamatan Dusun Selatan sebanyak 758 KPM, di Kecamatan Gunung Bintang Awai 502 KPM, Dusun Utara 518 KPM dan di Kecamatan Jenamas sebanyak 158 KPM,"jelas dia.

Sedangkan jumlah penerima rastra di Kecamatan Dusun Hilir sebanyak 596 KPM dan di Kecamatan Karau Kuala sebanyak 589 KPM sehingga total keseluruhan sebanyak 3.121 Kepala Keluarga.

Pewarta : Bayu Ilmiawan
Editor : Rachmat Hidayat
Copyright © ANTARA 2024