Jubair Arifin siap maju Pilkada di Kotawaringin Barat

id pilkada kalteng, pilkada kobar, jubair arifin, pemilu 2024, pdi perjuangan, pangkalan bun, kotawaringin barat

Jubair Arifin siap maju Pilkada di Kotawaringin Barat

Jubair Arifin (tiga dari kanan), pada saat menyerahkan berkas pendaftaran Pilkada kepada Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalimantan Tengah, Sigit Karyawan Yunianto (tiga dari kiri). (ANTARA/Rajib Rizali)

Palangka Raya (ANTARA) -
Jubair Arifin secara resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon kepala daerah pada Pilkada 2024 di Kabupaten Kotawaringin Barat, melalui PDI Perjuangan Kalimantan Tengah.
 
"Hari ini saya secara resmi menyatakan siap maju pada Pilkada Kotawaringin Barat dengan mendaftar ke DPD PDI Perjuangan Kalimantan Tengah," kata Jubair di Palangka Raya, Sabtu.
 
Dia menjelaskan, keputusan dirinya maju dalam Pilkada 2024 atas dukungan serta dorongan dari masyarakat yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat.
 
Melalui langkah ini, dia berkomitmen membawa masyarakat bisa lebih sejahtera dan daerah Kabupaten Kotawaringin Barat yang lebih maju.
 
"Atas dukungan itulah yang menjadi semangat saya untuk maju dan siap turut berkontestasi dalam Pilkada 2024," ucapnya.

Baca juga: Pegawai Pemkab Gumas boleh jadi petugas ad hoc Pilkada 2024
 
Lebih lanjut ia yang juga merupakan Anggota DPRD Kalimantan Tengah periode 2019-2024 ini mengatakan, langkah ini juga sebagai upaya agar PDI Perjuangan Kalimantan Tengah dapat tetap eksis di 'Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila'.
 
"Saya siap berjuang, Semoga ini merupakan langkah awal agar eksistensi PDI Perjuangan Kalimantan Tengah dapat tetap terjaga, khususnya di Kotawaringin Barat," ujarnya.
 
Sementara itu, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalimantan Tengah, Sigit Karyawan Yunianto mengatakan, Jubair Arifin merupakan salah seorang kader terbaik yang dimiliki PDI Perjuangan.

Baca juga: Raih empat kursi, Gerindra siap berkoalisi dengan Demokrat di Pilkada 2024 Bartim
 
Ia meyakini, Jubair Arifin dapat memberi yang terbaik dalam kontestasi Pilkada di Kabupaten Kotawaringin Barat serta membawa kemenangan bagi PDI Perjuangan Kalimantan Tengah.
 
"Beliau ini kader partai, beliau ini merupakan kader yang memang pantas untuk mendapatkan penugasan partai. Nanti bagaimana mekanisme itu kita serahkan ke DPP," tuturnya.
 
Sigit menjelaskan, pada pemilihan legislatif 2024-2029, PDI Perjuangan berhasil meraih sebanyak tujuh kursi, yang artinya PDI Perjuangan dapat mengusung secara sendiri calon Pilkada.
 
Namun hal tersebut tidak membuat pihaknya untuk menutup diri bagi partai politik lain yang ingin berkoalisi pada Pilkada Kabupaten Kotawaringin Barat.
 
"Silahkan bagi partai lain yang ingin berkoalisi, kami membuka pintu selebar-lebarnya," kata dia.

Baca juga: KPU Kotim rekrut 85 PPK dan 555 PPS Pilkada 2024
 
Hingga saat ini, lanjut pria yang masih aktif menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Palangka Raya ini mengatakan, terdapat tiga orang kader yang telah mendaftarkan diri pada Pilkada 2024 melalui DPD PDI Perjuangan Kalimantan Tengah.
 
Pertama, ada Wiyatno, yang mendaftar Pilkada di Kabupaten Kapuas. Kemudian Ina Prayawati yang maju Pilkada di Kabupaten Barito Selatan dan Jubair Arifin yang maju Pilkada di Kabupaten Kotawaringin Barat.
 
"Di DPD PDI Perjuangan Kalimantan Tengah baru ada tiga orang. Tapi di DPC juga sudah ada, hanya saja mereka belum melaporkan ke DPD karena batas akhir pendaftaran pada 31 Mei 2024," demikian Sigit Karyawan Yunianto.