Sukamara (Antaranews Kalteng) - Bupati Sukamara Kalimantan Tengah, Windu Subagio berharap komando distrik militer (kodim) segera dibangun di wilayahnya, untuk mendukung efektivitas keamanan dan terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

"Kami sudah menyiapkan lahan seluas 100x7.000 m2 yang diperuntukan untuk pembangunan kodim," katanya di Sukamara, Selasa.

Melihat perkembangan daerah, keberadaan koramil dinilai sudah tidak memadai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini. Makanya diperlukan peningkatan fasilitas, yakni berupa pembangunan kodim.

Windu menyebut, pihaknya mendorong agar korem yang membawahi wilayah Sukamara segera memanfaatkan lahan yang telah dihibahkan sejak lama tersebut.

"Kami harapkan tanah yang telah dihibahkan segera dimanfaatkan, melalui pembangunan kodim atau bahkan kompi sekalipun," tuturnya saat menerima kunjungan Dandim 1014/Pangkalan Bun ke Sukamara.

Pihaknya bersama Kodim 1014/Pangkalan Bun, bahkan telah meninjau lokasi yang telah dihibahkan, untuk melihat kondisi lahan serta kawasan sekitarnya.

Selain itu sejumlah lokasi lainnya juga turut ditinjau, mulai dari kantor koramil hingga sungai batas wilayah Sukamara dengan Ketapang Kalimantan Barat.

"Untuk membangun sebuah kodim diperlukan kajian secara mendalam. Kami percayakan semua tahapannya kepada TNI dan berharap agar keinginan daerah serta masyarakat Sukamara segera direalisasikan," ungkap Windu.

Keberadaan kodim dinilai perlu dan strategis bagi Sukamara, untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat khususnya dalam bidang keamanan negara.

"Adanya kodim merupakan jaminan bagi masyarakat dan pihak manapun, untuk mendapatkan rasa aman dan nyaman di daerah," tegasnya.

Pewarta : Gusti Jainal
Uploader : Admin 4
Copyright © ANTARA 2024