Puluhan personel Kodim 1016/Plk donorkan darah untuk masyarakat

id Kodim Plk/1016,Palangka Raya,Kalteng,Donor darah ,Hari Jadi Korem ke-50 ,Dandim 1016/Plk Czi Wiwid Wahyu Hidayat

Puluhan personel Kodim 1016/Plk donorkan darah untuk masyarakat

Personel Kodim 1016/Plk mendonorkan darahnya dalam kegiatan bakti sosial donor darah dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-50 Korem 102/Pjg yang dilaksanakan di Palangka Raya, Selasa (27/2/2024). ANTARA/Dokumentasi Pribadi  

Palangka Raya (ANTARA) - Puluhan personel Kodim 1016 Palangka Raya, Kalimantan Tengah mendonorkan darahnya yang digunakan untuk keperluan pasien atau warga yang sedang melaksanakan operasi di rumah sakit setempat.

"Selain prajurit TNI, istri mereka juga ikut mendonorkan darahnya dalam rangka bakti sosial donor darah memperingati Hari Jadi ke-50 Korem 102/Pjg yang dilaksanakan di Aula Berkah Korem 102/Pjg," kata Dandim 1016/Plk Czi Wiwid Wahyu Hidayat di Palangka Raya, Selasa.

Wiwid mengatakan, kegiatan donor darah tersebut sebagai wujud kepedulian TNI kepada sesama. Ini juga langkah nyata Persit dan personel TNI untuk berbagi untuk masyarakat yang ada di Kota Palangka Raya.
 
"Ingat bahwa darah banyak yang membutuhkan, maka dari itu mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini menjadi amal ibadah bagi peserta donor dan darah yang disumbangkan dapat bermanfaat bagi orang-orang yang membutuhkannya," katanya.

Orang nomor satu di lingkup Kodim 1016/Plk itu menjelaskan, mendonorkan darah tentunya secara tidak langsung bermanfaat bagi pendonor karena tubuh akan memproduksi darah baru. Maka dari itu, dengan rajin mendonor darah maka tubuh akan menjadi semakin sehat, sebab akan terjadi regenerasi darah.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan serahkan santunan untuk ahli waris pekerja meninggal dunia

"Jadi terkait bakti sosial yang dilaksanakan oleh Korem 102/Pjg tersebut ada dua manfaat yang didapatkan, pertama membantu menyehatkan masyarakat dan yang kedua juga menyehatkan tubuh si pendonor," ucapnya.

Perwira TNI berpangkat melati tiga itu menambahkan, langkah tersebut juga sebagai wujud kehadiran TNI di tengah-tengah masyarakat. Juga ditekankan untuk memacu semangat dan kesadaran dalam diri masing-masing akan pentingnya persaudaraan dan saling tolong menolong antar sesama manusia.

"Pada intinya semakin peka maka semakin peduli terhadap lingkungan sosial. Karena donor darah merupakan dampak baik yang langsung dirasakan. Maka dari itu hal ini sangat luar biasa," demikian Wiwid Wahyu Hidayat.

Kegiatan bakti sosial donor darah yang digelar oleh Korem 102/Pjg tersebut terlaksana atas kerja sama antara instansi terkait dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palangka Raya.vHadir juga dalam kegiatan tersebut personel Polri yang ada di Kota Palangka Raya.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya gelar operasi pasar murah stabilkan harga

Baca juga: Gerai TPID mampu intervensi inflasi di Palangka Raya

Baca juga: Pemkot Palangka Raya kendalikan inflasi melalui pasar murah