Pemkot Palangka Raya gelar operasi pasar murah stabilkan harga

id DPKUKMP Palangka Raya,Kalteng,Opsar ,Kelurahan Kameloh Baru ,Palangka Raya

Pemkot Palangka Raya gelar operasi pasar murah stabilkan harga

Petugas dari DPKUKMP Palangka Raya menjual paket sembako murah untuk warga yang berada di Kelurahan Kameloh Baru, Kecamatan Sabangau, Selasa (27/2/2024). ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah menggelar operasi pasar murah sebagai upaya menstabilkan harga bahan pangan di pasaran di daerah setempat.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya Samsul Rizal di Palangka Raya, Selasa, mengatakan operasi pasar yang dilaksanakan di Kelurahan Kameloh Baru, Kecamatan Sabangau disediakan sebanyak 300 paket sembako murah.

"Paket sembako murah itu terdiri dari beras 5 kilogram, minyak goreng 2 liter dan gula 2 kilogram dan total harganya hanya Rp100 ribu per paket, kalau harga normalnya di pasaran harganya Rp150 ribu," kata Samsul Rizal.

Ia menjelaskan, harga paket sembako yang dijual DPKUKMP ke masyarakat tersebut sudah disubsidi oleh pemkot setempat sebesar Rp50 ribu. Maka dari itu harga jual paket sembako tersebut hanya Rp100 ribu per paket.

Hal ini dilakukan pemkot setempat, selain menekan harga pangan di pasaran, juga bertujuan membantu masyarakat yang jauh dari perkotaan untuk mendapatkan bahan pangan murah dari pemerintah setempat.

Baca juga: Gerai TPID mampu intervensi inflasi di Palangka Raya

"Kegiatan ini juga membantu masyarakat, karena ada beberapa harga pangan di pasaran mengalami kenaikan," ucapnya.

Orang nomor satu di lingkup DPKUKMP Kota Palangka Raya itu juga menegaskan, kegiatan serupa juga sudah dijadwalkan oleh pihaknya selama satu tahun ini.

Itu artinya, kegiatan serupa juga akan digencarkan di lima kecamatan dan kelurahan yang ada di daerah setempat dengan tujuan yang sama pula.

"Di 2023 lalu kegiatan serupa juga masif dilaksanakan. Selain membantu meringankan beban masyarakat juga membantu menstabilkan harga-harga pangan yang mengalami kenaikan jelang hari-hari keagamaan," bebernya.

Dari pantauan di lapangan, masyarakat di Kelurahan Kameloh Baru sangat antusias membeli paket sembako yang disediakan DPKUKMP Palangka Raya tersebut. Bahkan 300 paket sembako yang disediakan ludes dalam waktu satu jam, tanpa sisa.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya kendalikan inflasi melalui pasar murah

Baca juga: Kemenkumham Kalteng perkuat kolaborasi penyebaran informasi publik

Baca juga: BNNP Kalteng tangkap kurir dan pemasok sabu lintas provinsi