Kemenkumham Kalteng perkuat kolaborasi penyebaran informasi publik

id Kemenkumham Kalteng,Kalteng,media gathering,penyebaran informasi publik,Palangka Raya,Hendra Ekaputra

Kemenkumham Kalteng perkuat kolaborasi penyebaran informasi publik

Media gathering yang digelar Kanwil Kemenkumham Kalteng bersama sejumlah mitra media dan kontributor humas unit pengelola teknis (UPT) di Kota Palangka Raya, Senin (26/2/2024). ANTARA/HO

Palangka Raya (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Tengah (Kanwil Kemenkumham Kalteng) terus berupaya memperkuat kolaborasi dengan media massa dalam penyebaran informasi kepada masyarakat.

"Dalam meningkatkan citra positif dan kinerja kantor wilayah diperlukan suatu pemberitaan yang akurat dari media massa kredibel," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Kalteng Hendra Ekaputra di Palangka Raya, Senin.

Pernyataan itu diungkapkan dia saat pelaksanaan media gathering yang digelar Kanwil Kemenkumham Kalteng bersama sejumlah mitra media dan kontributor humas unit pengelola teknis (UPT) di Kota Palangka Raya.

Hendra mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk penghargaan dan apresiasi terhadap dukungan media massa yang terus membantu pengembangan promosi dan pemberitaan positif terkait tugas dan fungsi Kanwil Kemenkumham Kalteng.

Dia mengatakan, salah satu cara untuk mengantisipasi sekaligus mengcounter berbagai informasi ataupun berita bohong dengan meningkatkan intensitas pemberitaan positif dan prestasi kinerja kepada masyarakat.

Untuk itu tentu diperlukan suatu media pemberitaan resmi yang akurat dan kredibel agar mampu menyajikan informasi-informasi akurat dan resmi sehingga dapat meningkatkan citra positif kinerja kantor wilayah.

Hendra menambahkan, pada era saat ini, teknologi informasi menjadi hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kita, terlebih dengan adanya media sosial.

"Untuk itulah peran rekan-rekan media menjadi hal yang berpengaruh, dan pada hari ini kita akan mendapatkan pengetahuan mengenai media sosial sebagai sebuah sarana prasarana untuk mengglorifikasikan kinerja,” katanya.

Hendra mengatakan, dengan adanya komunikasi, informasi, edukasi, publikasi tersebut diharapkan jajarannya akan menambah pengetahuan cara menangkal pemberitaan dan menampilkan sebuah kejadian dalam bentuk pemberitaan.

"Kami sangat berharap kegiatan ini dapat mempererat hubungan dengan rekan media, sebagai mitra dalam menginformasikan program-program kegiatan dan berbagai jenis layanan Kantor Wilayah kepada masyarakat luas,” kata Hendra.

Pada kesempatan itu, masing-masing perwakilan dari 4 divisi pada kantor wilayah memperkenalkan dan menjelaskan terkait dengan tugas dan fungsi pada masing-masing divisi.

Kesempatan yang sama, dilaksanakan juga diskusi dan saling bertukar pikiran terkait dengan isu-isu terkini yang terjadi di Kalteng.