Tamiang Layang (ANTARA) - DPRD Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah mengapresiasi prestasi yang diraih atlet panjat tebing binaan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) setempat, atas prestasi yang berhasil diraih pada Infantri-Arei Sport Climbing Competition (IASCC) 2019 di Bandung, Jawa Barat pada 10-14 Juli 2019 lalu.

"Kami merasa bangga pada semua atlet dari cabang olahraga apapun di Barito Timur yang terus berupaya meningkatkan prestasinya, salah satunya yakni panjat tebing," kata Wakil Ketua I DPRD Barito Timur Ariantho S Muler kepada Antara Kalteng di Tamiang Layang, Selasa.

Prestasi yang diraih atlet panjang tebing pada IASCC 2019, meliputi peringkat lima pada kategori U12 oleh Fabrizio Janang Pratama dan 10 besar kategori U19 oleh Ignatia Naybia Andreanni. Menurutnya raihan prestasi itu merupakan sebuah capaian yang sangat luar biasa, terlebih dilakukan oleh para atlet muda.

Politisi PKPI itu juga mengharapkan prestasi-prestasi yang membuat nama kabupaten berjuluk Bumi Nansarunai-Jari Janang Kalalawah itu bisa dipertahankan dan ditingkatkan.

"Saya optimis jika dunia olahraga di Bartim bisa berkembang dengan cepat. Optimisme ini muncul karena pemerintah kabupaten juga telah berupaya membuat atau melengkapi sarana dan prasarana olahraga yang dibutuhkan secara bertahap," tegasnya.

Walaupun secara bertahap, realisasi program di bidang kepemudaan dan olahraga sudah mulai tampak terlihat. DPRD secara kelembagaan akan mendukung program dan kebijakan daerah yang bertujuan untuk memajukan dunia olahraga, sesuai visi dan misi pemerintah kabupaten periode 2018-2023.

Terpisah, Sekretaris Umum Pengurus Cabang FPTI Barito Timur Supawardani A Batur menjelaskan, pembinaan dan latihan atlet telah dilakukan secara maksimal. Untuk menguji kepiawaiannya dalam panjat tebing, maka diikutsertakanlah mereka dalam berbagai pertandingan.

"Hal ini untuk mengasah kemampuan atlet, sehingga mampu menjadi atlet berprestasi pada pertandingan tingkat daerah maupun nasional. Bahkan kami pun juga melakukan pendampingan pada setiap kesempatan, termasuk saat kegiatan IASCC 2019 di Bandung itu," ungkapnya.

Pewarta : Habibullah
Uploader : Admin 4
Copyright © ANTARA 2024