Kuala Kapuas (ANTARA) - Jajaran Polsek Kapuas Barat Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah menanam 50 bibit pohon di lingkungan kantor mereka untuk mendukung penghijauan yang digalakkan pemerintah daerah setempat.

“Ini kami lakukan menindaklanjuti perintah Kapolri melalui Kapolda Kalteng dengan tema Polri Peduli Penghijauan," kata Kapolsek Kapuas Barat Iptu Eko Sutrisno di Kuala Kapuas, Minggu.

Penanaman puluhan bibit pohon ini dilakukan Eko Sutrisno diikuti Kasium, Kanit SPKT 3, Kanit SPKT 1, Kanit Intelkam, Bhabinkamtibmas dan anggota Polsek Kapuas Barat.

Program polisi peduli penghijauan merupakan gagasan Kapolri Jenderal Idham Azis. Hal ini disebut sebagai wujud kepedulian Polri terhadap lingkungan hidup, tidak terkecuali di Kabupaten Kapuas.

Banyaknya bencana yang terjadi diakibatkan oleh kerusakan lingkungan, menuntut kepedulian bersama untuk menata kembali lingkungan, salah satunya dengan penghijauan mulai dari lingkungan rumah, kantor dan lingkungan lainnya.

"Kami tanam 50 pohon berbeda jenisnya seperti pohon jeruk manis, jambu biji, rambutan, palem ekor tupai, serta pucuk merah,” ujar Eko Sutrisno.

Eko Sutrisno menjelaskan, penanaman pohon ini merupakan gerakan peduli lingkungan. Tujuannya untuk penghijauan bumi untuk masa depan sekaligus penyelamatan lingkungan.

“Ini juga kami harapkan bisa menjadi contoh bagi masyarakat dan semua pihak karena dampak positifnya akan bisa kita rasakan bersama,” ucapnya.

Penanaman pohon menurut Eko memiliki banyak manfaat seperti menambah produksi oksigen dan mengurangi polutan lainnya. Pohon juga menyerap air sehingga bisa membantu mencegah banjir saat musim hujan seperti sekarang ini.
 
"Kita harapkan pohon-pohon yang ditanam ini nantinya akan tumbuh subur," harap Eko.

Dia mengimbau kepada masyarakat di wilayahnya agar selalu waspada terhadap cuaca yang dalam beberapa hari ini cukup ekstrem melanda di sejumlah wilayah di Indonesia seperti banjir, tanah longsor dan angin puting beliung.

Pewarta : All Ikhwan
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024