Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kalimantan Tengah Wiyatno mengajak seluruh pengurus serta anggota Fordayak se-Kalteng menjadi organisasi kemasyarakatan yang ikut berperan membangun daerah, bermitra dengan pemerintah maupun pengusaha dalam menjaga stabilitas dan kondusifitas di masyarakat.

Meskipun begitu, harus tetap menjadi ormas yang peduli dan ikut membela kepentingan serta hak-hak masyarakat maupun daerah apabila ada tindakan kesewenang-wenangan dari para investor yang bersikap tidak adil dan kurang memperhatikan kondisi sekitar, kata Wiyatno saat menerima audiensi pengurus Fordayak se-Kalteng di ruang kerja Ketua DPRD Kalteng, Senin.

"Tapi tetap akomodatif dan komunikatif apabila ada permasalah di daerah dengan pada pengambil kebijakan supaya tidak ada kesan ormas yang anarkis," tambahnya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu juga berpesan Fordayak ikut serta menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, sehingga daerah menjadi kondusif yang pada akhirnya daerah menjadi maju dan masyarakat lebih sejahtera.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan V meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau itu mengatakan Fordayak juga menjaga nilai-nilai luhur budaya dan kesenian daerah serta mampu menjaga kearifan lokal.

"Fordayak harus menjadi ormas yang kreatif dan inovatif menciptakan peluang-peluang usaha, terus menerus mempersiapkan sekaligus membekali para anggotanya agar mampu bersaing dalam dunia global, dan menghindari narkoba," kata Wiyatno.

Baca juga: Bumi Pancasila tak ingin sekedar slogan, DPRD Kalteng kunker ke BPIP

Ketua DPRD Kalteng itu juga mengharapkan Fordayak berperan aktif dalam pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020. Adapun bentuk yang dapat dilakukan yakni menangkal berbagai informasi terkait suku, agama dan ras (SARA), kabar bohong atau HOAK yang rawan tersebar menjelang Pilkada.

"Fordayak juga harus berperan menangkal isu-isu radikalisme dan terorisme di Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila ini. Dengan begitu, suasana kondusif di provinsi ini tetap terjaga," kata Wiyatno.

Sementara itu, Ketua Fordayak Kalteng Bambang Irawan mengapresiasi dukungan dan perhatian Ketua DPRD Kalteng terhadap pihaknya dalam memajukan organisasi. Dirinya juga mengucapkan terimakasih atas berbagai motivasi dan saran dalam memajukan organisasi.

"Kami akan terus memberikan yang terbaik bagi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Kalteng. Dan, kami sampaikan terimakasih kepada Ketua DPRD Kalteng Wiyatno telah menerima dan mendengarkan keluhan kami," demikian Bambang.


Baca juga: Energi dan aset di Kalteng perlu diperhatikan, kata Fraksi PDIP

Baca juga: Baru diajukan, DPRD Kalteng siap percepat penyelesaian dua raperda

Pewarta : Jaya Wirawana Manurung
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024