Kuala Kurun (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Punding S Merang mengajak masyarakat di daerah itu untuk mendukung pembangunan jaringan listrik Perusahaan Listrik Negara.

“PLN akan membangun jaringan listrik di Desa Bereng Jun, Fajar Harapan, Belawan Mulya, dan Bangun Sari di Kecamatan Manuhing. Saya harap masyarakat di sana mendukung pembangunan jaringan listrik,” ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Senin.

Dia menyebut, salah satu bentuk dukungan yang dapat diberikan oleh masyarakat adalah dengan merelakan pohon mereka dipangkas, jika pohon tersebut berada di lahan yang akan dilewati pembangunan jaringan listrik.

Baca juga: PLN rencanakan bangun jaringan listrik untuk empat desa di Gumas

Menurut legislator yang berasal dari daerah pemilihan II yang meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya ini, layanan listrik dari PLN akan membawa kemajuan bagi masyarakat.

“Yang pasti masyarakat akan menghemat pengeluaran. Bayangkan saja, selama ini masyarakat yang belum ada layanan listrik dari PLN terpaksa menggunakan genset,” beber politisi Partai Golongan Karya ini.

Dalam satu bulan, ujar dia, masyarakat pengguna genset rata-rata memerlukan biaya bahan bakar minyak untuk mengoperasionalkan genset sekitar Rp1 juta, itupun genset hanya digunakan pada sore atau malam hari.

Pria kelahiran Kelurahan Tumbang Rahuyan, Kecamatan Rungan Hulu ini mengatakan, melihat besarnya pengeluaran masyarakat pengguna genset, layanan listrik dari PLN benar-benar didambakan oleh masyarakat di sana.

Baca juga: Pemerintah diminta perhatikan masyarakat yang tidak merasakan listrik gratis

“Oleh sebab itu, saya mengimbau masyarakat untuk mendukung rencana pembangunan jaringan yang akan dilakukan oleh PLN, karena nantinya masyarakat juga yang akan diuntungkan dengan,” paparnya.

Legislator yang telah terpilih sebanyak tiga kali ini berharap nantinya pembangunan jaringan listrik berjalan dengan baik dan lancar, sehingga masyarakat di keempat desa dapat segera merasakan layanan listrik dari PLN.

Plt Manajer PLN ULP Kuala Kurun Agung Darmawan mengatakan bahwa pembangunan jaringan listrik di desa Bereng Jun, Fajar Harapan, Belawan Mulya, dan Bangun Sari rencananya dilakukan pada Mei 2020.

“Untuk pelaksanaan pembangunan rencananya dilakukan pada Mei 2020. Namun proses pembangunan tersebut sangat bergantung pada kondisi penyebaran virus corona jenis baru atau COVID-19,” jelas Agung.

Baca juga: 1.291 pelanggan PLN Kuala Kurun bebas tagihan listrik

Baca juga: PLN Palangka Raya: Keringanan biaya listrik berlaku tiga bulan

Baca juga: PLN Palangka Raya tunggu petunjuk terkait pembebasan biaya listrik

Pewarta : Chandra
Uploader : Admin Kalteng
Copyright © ANTARA 2024