Kuala Kapuas (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Kapuas, Kalimantan Tengah, sudah meminta Tim Laboratorium Forensik (Labfor) untuk menyelidiki penyebab kebakaran di Pasar Pujon, Kecamatan Kapuas Tengah, pada Jumat (18/9) lalu.

“Nanti kita lihat hasil dari Tim Labfor akan meneliti dan mencari tahu penyebab kebakaran itu,” kata Kapolres Kapuas, AKBP Manang Soebeti, di Kuala Kapuas, Senin.

Dalam musibah kebakaran yang terjadi saat itu, pihaknya sudah melakukan pendataan terhadap para korban yang terdampak kebakaran, memasang garis polisi, menggelar olah tempat kejadian perkara dan memeriksa sejumlah saksi-saksi.

Seluruh data-data yang dihimpun oleh pihaknya, diserahkan kepada Tim Labfor untuk dilakukan tindak lanjut menyelidiki musibah kebakaran yang terjadi tersebut.

“Untuk data kita sementara, korban yang terdampak kebakaran di Desa Pujon, Kecamatan Kapuas Tengah, kurang lebih 80 kepala keluarga yang terdampak, dan saat ini kita masih terus melakukan pendataan,” kata Manang.

Sementara itu terkait jumlah kerugian atas kejadian tersebut, lanjut orang nomor satu di jajaran Polres Kapuas ini, diperkirakan totalnya ratusan juta rupiah. Namun, saat ini pihaknya masih terus melakukan pendataan terhadap korban terdampak.

Sementara itu, berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, bahwa kejadian kebakaran terjadi pada Jumat (18/9) sekitar pukul 23.15 WIB dan berhasil dipadamkan pada Sabtu (19/9) dini hari sekitar pukul 03.00 WIB.

Korban yang terdampak dalam musibah kebakaran tersebut, berjumlah 77 kepala keluarga, Bangunan Pertokoan sebanyak 74 unit, bangunan barak sebanyak dua unit dan bangunan tempat penginapan atau losmen sebanyak dua unit.

Sedangkan untuk korban dalam musibah kebakaran tersebut, ada tiga orang dengan rincian, dua orang mengalami luka ringan dan satu orang mengalami luka berat patah tulang paha.

Pemerintah daerah setempat sudah mendirikan Posko Kesehatan maupun Posko Informasi untuk korban kebakaran. Selain itu, pihaknya juga sudah menyalurkan bantuan kepada sejumlah korban yang terdampak kebakaran tersebut.

Baca juga: Bupati Kapuas salurkan bantuan korban kebakaran di Pujon

Baca juga: Legislator Kapuas sesalkan pembatalan pembelian mobil pemadam kebakaran

Baca juga: Kebakaran besar luluh lantakkan Pasar Pujon Kapuas

Pewarta : All Ikhwan
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024