Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Sigit K Yunianto mengingatkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berada di lingkup Pemerintah Kota setempat agar terus untuk berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Terlebih dengan tuntutan masyarakat yang saat ini akan adanya pelayanan publik yang baik, sangatlah dinantikan," katanya di Palangka Raya, Selasa.

Dikatakan, dengan adanya sejumlah dinamika kehidupan yang terjadi di tengah masyarakat semakin komplek dimana sebagian besar hal tersebut dipicu oleh perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat.  

Untuk itu, dirinya mengharapkan agar pegawai dan pejabat dapat menyesuaikan diri serta dapat menciptakan terobosan dan inovasi sehingga dapat menjawab tuntutan masyarakat dalam hal pelayanan.

"ASN dan pimpinannya mulai sekarang harus berorientasi pada kepentingan masyarakat, terutama yang berurusan dengan layanan publik kemudian budaya dan etika pelayanan yang berbelit-belit harus ditinggalkan serta diubah menjadi sederhana, mudah, cepat dan akuntabel," ucap Sigit.

Orang nomor satu di Lembaga DPRD Kota Palangka Raya itu menegaskan, pelayanan publik tidak hanya dituntut responsif namun perlu juga inklusif, yaitu pelayanan yang selalu berusaha meningkatkan jasa pelayanannya dan menghapus prosedur yang dapat menghambat jalannya pelayanan.

"Pemerintah pada hakekatnya adalah pelayan masyarakat, karena birokrasi publik maka dari itu pemerintah berkewajiban dan bertanggung jawab sepenuhnya untuk memberikan pelayanan yang baik dan profesional kepada masyarakat," bebernya.

Baca juga: Tingkat pasien sembuh dari COVID-19 di Palangka Raya capai 81,18 persen

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Provinsi Kalimantan Tengah tersebut menambahkan, mengingatkan akan pentingnya memberikan pelayanan yang baik sehingga ASN dituntut harus lebih profesional sesuai bidangnya, berdedikasi tinggi, serta mampu melayani masyarakat dengan berbagai macam karakter yang berbeda-beda.

"Melayani masyarakat dengan baik merupakan tanggung jawab bagi semua instansi pemerintah, maka dari itu ANS diminta berpikir kreatif serta mampu berinovasi, agar jalannya proses pemerintahan daerah bisa berjalan dengan semakin baik dari waktu ke waktu," demikian Sigit.

Baca juga: Operasi yustisi kembali menjaring ratusan warga di Palangka Raya

Baca juga: PDAM Palangka Raya siapkan pemasangan 550 sambungan air gratis

Pewarta : Adi Wibowo
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024