Buntok (ANTARA) - Dinas Perhubungan Barito Selatan, Kalimantan Tengah menargetkan bisa meningkatkan akreditasi unit pelaksana uji berkala kendaraan bermotor dari tipe C menjadi tipe B.

"Saat ini sedang berupaya untuk meningkatkan akreditasi unit pelaksana uji berkala kendaraan bermotor. Salah satu syarat agar akreditasinya bisa meningkat dari C menjadi B dengan menambah jenis alat pengujiannya," kata Kepala Dinas Perhubungan Barito Selatan, Daud Danda di Buntok, Kamis.

Peralatan uji kendaraan bermotor yang ada pada unit pelaksana uji berkala kendaraan bermotor itu, hanya ada lima jenis alat saja yakni dua alat uji rem, dua alat uji emisi dan satu alat uji lampu.

Dikatakannya, dengan peralatan yang telah ada itu, unit pelaksana uji berkala kendaraan bermotor pada Dinas Perhubungan Barito Selatan dikalibrasi UPTD Balai Pengelolaan Transportasi Darat. Setelah dilakukan penilaian beberapa waktu lalu mendapat sertifikasi C dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Oleh karena itu, supaya akreditasinya bisa meningkat menjadi tipe B, perlu dilakukan penambahan alat uji kendaraan bermotornya, seperti alat uji ban dan lainnya.

"Di samping menambah jenis alat uji, kita juga sedang mempersiapkan sistem online yang terintegrasi langsung dengan pusat pada saat petugas melakukan pengujian kendaraan bermotor," ujar Daud Danda.

Apabila unit pelayanan pada Dinas Perhubungan yang tidak mempersiapkan sistem online yang terintegrasi ke pusat tersebut, maka akan dihentikan sementara melakukan pengujian berkala kendaraan bermotor.

Untuk saat ini, pihaknya sedang berupaya mempersiapkan sistem online itu dan diharapkan pada 2021 ini sudah tersedia dan sudah bisa dioperasikan.

"Selain itu, kita juga akan berupaya menambah alat uji berkala kendaraan bermotor pada unit pelaksana uji berkala kendaraan bermotor di Dinas Perhubungan ini supaya akreditasinya bisa meningkat dari klasifikasi C menjadi klasifikasi B," demikian Daud Danda.

Baca juga: Ini penjelasan BKPSDM Barsel terkait SK pengangkatan 28 P3K

Baca juga: Desa Pamait wakili Barsel ikuti lomba wilayah keamanan pangan tingkat nasional

Baca juga: Pembelajaran tatap muka di Barsel dimulai awal Maret

Pewarta : Bayu Ilmiawan
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024