Ini manfaat bagi anak-anak yang ikuti perayaan HUT RI

Jumat, 13 Agustus 2021 13:57 WIB

Jakarta (ANTARA) - Psikolog dari Universitas Indonesia Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi mengatakan bahwa mengikuti perayaan hari ulang tahun Republik Indonesia (HUT RI) memiliki banyak manfaat bagi anak-anak, salah satunya adalah menjadi momen pengingat bagi mereka akan perjuangan bangsa Indonesia.

"Perayaan ini dapat menjadi pengingat bagi anak-anak akan perjuangan bangsa Indonesia dulu dan juga dapat digunakan untuk mengembangkan rasa nasionalisme, rasa cinta dan bangga terhadap bangsa dan tanah airnya," kata Vera saat dihubungi ANTARA, Jum'at.

Selain itu, menurut Vera, HUT RI juga dapat menjadi selingan yang menyenangkan bagi anak selama di rumah saja. "Jadi tergantung bagaimana kreativitas orang tua untuk membuat perayaan di rumah saja yang tetap menyenangkan," katanya.

Meski demikian, Psikolog sekaligus founder dari Klinik Psikologi Ruang Tubuh Irma Gustiana A, M.Psi mengingatkan agar orang tua tidak memaksakan anak untuk mengikuti lomba atau kegiatan di hari kemerdekaan.

Baca juga: Apakah sidik jari anak kembar identik sama?

"Tapi itu juga bukan menjadi suatu keharusan ikut lomba terus kemudian jadi pemenang tuh nggak. Yang penting adalah dengan kita menciptakan ajang lomba yang ringan bagi anak, itu menstimulasi hal-hal yang sudah aku sebutkan," kata Irma.

Bukan memenangi lomba yang perlu ditekankan pada anak, melainkan bagaimana perlombaan menjadi stimulasi bagi mereka agar merasa lebih percaya diri.

"Kalau highlight-nya perlombaan sebetulnya itu bisa mendorong anak-anak yang pertama sih sudah pasti stimulasi kepercayaan diri. Kemudian kerjasama. Terus saling berbagi. Kemudian juga saling lebih mengenal teman-teman sebayanya ya. Kemudian juga ajang untuk bisa men-challenge diri sendiri," kata Irma.

Irma juga mengatakan bahwa hal penting yang harus orang tua perhatikan adalah kebahagiaan anak. Dia menghibau agar orang tua tidak terlalu memaksakan anaknya untuk turut serta dalam kegiatan-kegiatan HUT RI. Sebab, pemaksaan yang terlalu keras dapat berdampak pada emosi anak.

"Mengajak boleh tapi tidak memaksakan. Mungkin saja anaknya hanya ingin menonton atau meramaikan. Yang penting ada di dalam kegiatan tersebut dan dia bergembira. Daripada dia dipaksakan ikut menjadi salah satu peserta tapi dia nggak bergembira," kata Irma menjelaskan.

Di tengah situasi pandemi COVID-19 ini, orang tua disarankan agar merayakan HUT RI bersama anak di rumah saja. Pilihan kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan antara lain seperti mendekor rumah bersama keluarga, mengajak anak menyaksikan upacara di televisi untuk pengetahuan anak, atau membuat perlombaan yang menarik.

Baca juga: Begini cara cegah anak tantrum jelang waktu tidur

Baca juga: Latihan yoga ibu dan anak bantu tingkatkan kualitas hubungan

Baca juga: Tips dukung anak tumbuh bahagia meski di tengah pandemi

Pewarta : Lifia Mawaddah Putri
Uploader : Admin Kalteng
Copyright © ANTARA 2024

Terkait

HUT Otonomi ke-28 harus semakin memperkokoh komitmen membangun daerah

25 April 2024 18:16 Wib

Lomba Bagasing dan Lawang Sakepeng meriahkan hari jadi ke-218 Kota Kuala Kapuas

24 April 2024 12:46 Wib

Lestarikan budaya melalui lomba Karungut di rangkaian HUT Kapuas ke-218

22 April 2024 22:02 Wib

Sambut HUT Kapuas, Disarpustaka cek persiapan pembangunan di kawasan Bukit Ngelangkang

19 April 2024 22:27 Wib

DPMD pastikan keikutsertaan meriahkan HUT Kapuas

17 April 2024 19:23 Wib
Terpopuler

HUT Otonomi ke-28 harus semakin memperkokoh komitmen membangun daerah

Kabar Daerah - 25 April 2024 18:16 Wib

Teras Narang: Kerja sama RI-RRT kembangkan pertanian di Kalteng patut diapresiasi

Kabar Daerah - 24 April 2024 14:22 Wib

Gibran sebut ada serangkaian pertemuan setelah penetapan di KPU

Kabar Daerah - 23 April 2024 12:38 Wib

Jubair Arifin siap maju Pilkada di Kotawaringin Barat

Kabar Daerah - 27 April 2024 17:32 Wib

Keluarga peserta JKN di Palangka Raya dapat layanan operasi katarak gratis

Kabar Daerah - 25 April 2024 18:22 Wib