Kuala Pembuang (ANTARA) - Wakil Ketua Fraksi Nasdem DPRD Seruyan, Kalimantan Tengah M Aswin mengatakan, pihaknya mengharapkan pemerintah kabupaten bisa meningkatkan efektivitas dalam penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), sehingga program yang dilaksanakan bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Efektivitas anggaran ini memang perlu dilakukan, dengan begitu anggaran yang kita keluarkan tersebut bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Aswin di Kuala Pembuang, Selasa.

Menurut dia belanja daerah sebagai komponen keuangan daerah, dalam kerangka ekonomi makro, diharapkan dapat memberikan dorongan atau stimulan terhadap perkembangan ekonomi daerah yang lebih memberikan efek besar terhadap peningkatan kesejahteraan rakyat yang lebih merata.

“Fraksi Nasdem mengharapkan Pemkab Seruyan melakukan pengawasan pelaksanaan anggaran termasuk kepada pemangku kepentingan dan masyarakat, sehingga efektivitas anggaran tersebut bisa diwujudkan,” ungkapnya.

Aswin yang juga Wakil Ketua II DPRD Seruyan itu menjelaskan, apabila masyarakat turut andil dan aktif mengawasi program-program yang dilaksanakan Pemkab Seruyan dirinya meyakini akan berdampak pada kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya Fraksi Nasdem meminta agar penyerapan anggaran diharapkan bukan hanya sekadar terserap saja namun juga diharapkan penyerapan yang memberikan efek positif, dalam rangka menggerakkan pembangunan daerah dan memberikan stimulus terhadap pertumbuhan ekonomi rakyat.

“Kami minta penyerapan anggaran tersebut bisa memerikan dampak yang positif kepada masyarakat kita,” jelasnya.

Dia menambahkan hal yang tidak kalah penting adalah transparansi dalam APBD tahun anggaran 2022 sehingga dengan begitu dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan akuntabel.

Maka dari itu diharapkan pengelolaan keuangan daerah hendaknya mencerminkan suatu prinsip dasar penegakkan akuntabilitas publik dalam semua tahapannya. 

“Sehingga prinsip akuntabilitas publik harus diberlakukan kepada seluruh lembaga pengguna anggaran pemerintah daerah yang bekerja di atas legalitas dan legitimasi masyarakat,” demikian Aswin.

Pewarta : Radianor
Uploader : Admin 4
Copyright © ANTARA 2024