Kuala Kapuas (ANTARA) - Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Ben Brahim S Bahat menyatakan bahwa kejuaraan olahraga harus terus diperbanyak dan dijadwalkan secara baik, agar tidak saling berbenturan serta dapat diikuti masyarakat secara luas.

"Kejuaraan yang padat dan terjadwal secara baik, akan membuahkan hasil atlet-atlet handal dimulai dari para pelajar yang mengikutinya," kata Ben Brahim di Kuala Kapuas, Selasa (24/5).

Pernyataan itu disampaikan oleh orang nomor satu di Kabupaten Kapuas, usai membuka kejuaraan bola basket antar pelajar SMP dan SMA atau SMK se Kabupaten Kapuas 2022, yang diselenggarakan oleh Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) setempat bersama dengan Dinas Pendidikan Kapuas.

Dia juga berharap dengan banyaknya kejuaraan yang diselenggarakan akan menciptakan, membuahkan para pebasket yang hebat untuk kedepannya, tidak hanya pada tingkat kabupaten saja, namun juga bisa mencapai tingkat provinsi, nasional bahkan tingkat internasional.

"Harapan saya ke depan agar kejuaraan seperti ini, terus bergulir untuk Kabupaten Kapuas ke depan yang kita harapkan lebih maju dan masyarakatnya rukun, damai dan sejahtera," kata Ben Brahim.

Bupati Kapuas itu pun berpesan kepada para peserta, agar mengikuti kegiatan dengan serius dan semangat, namun tetap tidak meninggalkan pelajaran. Kemudian, lanjutnya, dengan mereka berolahraga, tentunya menghindari diri dari hal-hal yang tidak diinginkan salah satunya seperti mengkonsumsi obat-obatan terlarang.

"Nanti pasti ada yang juara dan ada yang tidak, yang penting adalah kalian saling kenal satu sama lain untuk bersama-sama mengikat tali silaturahim dan persaudaraan sehingga kalian menjadi generasi hebat," ucap Ben Brahim.

Baca juga: Jadi lumbung padi, DPRD dorong Kapuas miliki gudang penyimpanan beras

Sementara itu, Ketua Perbasi Kabupaten Kapuas mengatakan, bahwa kegiatan turnamen ini sudah terencana dengan matang. Setelah pelantikan pengurus Perbasi Kabupaten Kapuas, sudah mengagendakan pembibitan pebasket dari para pelajar serta mengadakan coaching clinic bagi bapak ibu guru untuk meningkatkan atlet dalam kemampuan melatih basket.

"Dari kedua kegiatan itu, muncullah anak kita yang hebat ini, kami harapkan dengan kegiatan ini para pebasket yang akan tampil ini selama pertandingan akan menjadi pebasket handal di kemudian hari," harap Suwarno.

Di tempat yang sama, Ketua Pelaksana Agustin mengatakan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama sembilan hari. Adapun jumlah peserta yang mengikuti turnamen adalah sebanyak 23 tim yang terdiri dari tim putra dan tim puteri dari sekolah yang ada di Kabupaten Kapuas.

"Tujuan kegiatan ini yaitu untuk menjaring dan mencari bibit atlet Kapuas untuk Porprov tahun 2023, dan dalam rangka memeriahkan hari Kebangkitan Nasional  2022," demikian Agustin. 

Baca juga: Keterbatasan tak halangi Sanggar Tari Riak Nyalong Kapuas raih prestasi

Baca juga: Legislator Kapuas minta ruas jalan Desa Saka Tamiang segera ditangani

Pewarta : All Ikhwan
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024