Sampit (ANTARA) - Kecamatan Mentawa Baru Ketapang berhasil menjadi juara umum event bergengsi Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah setelah perolehan medali mereka tak mampu dikejar kontingan dari kecamatan lain. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada para juara. Capaian ini tentu sangat membanggakan. Saya juga merasa bangga sekaligus menyampaikan apresiasi kepada KONI, panitia, seluruh kecamatan dan masyarakat dalam mendukung Porkab Kotim 2022 sehingga berlangsung sukses," kata Wakil Bupati Irawati saat menutup Porkab Kotawaringin Timur 2022 di Stadion 29 November Sampit, Selasa. 

Kecamatan Mentawa Baru Ketapang menjadi juara umum setelah berhasil mendominasi perolehan medali dari 14 cabang olahraga yang dipertandingkan. Posisi kedua diduduki Kecamatan Baamang, sedangkan posisi ketiga ditempati Telawang. 

Baca juga: 1.774 peserta akan meriahkan pembukaan Porkab Kotim

Irawati menilai pelaksanaan Porkab berlangsung sangat sukses dan meriah. Ini menjadi kebanggaan seluruh masyarakat, khususnya pecinta olahraga di Kotawaringin Timur. 

Sukses pelaksanaan Porkab ini tetap harus dievaluasi untuk mengetahui jika ada kekurangan. Ini akan menjadi bahan perbaikan sehingga akan lebih sempurna saat pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Tengah yang akan digelar di Sampit pada 2022.

Setiap cabang olahraga juga harus mengevaluasi kegiatan yang telah mereka laksanakan dalam Porkab 2022. Segala kekurangan harus segera dijadikan tantangan dan diputuskan. 

Baca juga: Satu kelas panahan Porkab Kotim tidak dipertandingkan akibat kendala ini

"Porkab ini ajang pemanasan kita menghadapi Porprov. Kita semua berharap semoga Kotawaringin Timur mampu menjadi tuan rumah yang sukses serta sukses prestasi dengan meraih gelar juara umum," harap Irawati. 

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kotawaringin Timur Ahyar Umar menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak atas suksesnya penyelenggaraan Porkab Kotawaringin Timur 2022. Ini menjadi pengalaman berharga sebagai bekal untuk melaksanakan Porprov Kalimantan Tengah pada 2023 nanti. 

"Porkab ini menjadi gambaran pelaksanaan Porprov nanti. Tempatnya sama di Sampit ini. Yang berbeda hanya jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan serta jumlah pesertanya tentu jauh lebih banyak. Makanya kita harus mempersiapkan semuanya sejak sekarang," kata Ahyar.  Tim sepak bola dari Kecamatan Bukit Santuai melakukan selebrasi setelah secara dramatis mengalahkan tim dari Mentaya Hilir Selatan melalui adu penalti, Selasa (7/6/2022) malam. ANTARA/Norjani


Ketua Panitia Porkab Kotawaringin Timur 2022, Raihansyah mengaku sangat bersyukur karena sejak pertandingan dimulai dan Porkab dibuka hingga berakhir hari ini, semua berjalan lancar tanpa ada kendala serius. 

Baca juga: Pembukaan Porkab Kotim meriah, bupati janjikan Porprov lebih meriah

"Kesuksesan ini menjadi modal besar kita dalam melaksanakan Porprov nanti agar lebih meriah. Kita berharap bisa lebih sukses, baik dalam pelaksanaan maupun prestasi sebagai juara umum Porprov nantinya," harap Raihansyah. 

Camat Mentawa Baru Ketapang Eddy Hidayat mengaku bersyukur dan bangga karena kontingen mereka menjadi juara umum. Ini adalah hasil kerja keras semuanya dalam menggenjot prestasi. 

"Pencapaian ini merupakan kontribusi dan capaian atas kerja keras kita semua. Soal bonus untuk atlet, itu sedang kami upayakan meskipun sebelumnya sudah kami beri uang saku dan lainnya," demikian Eddy Hidayat. 

Berikut rincian perolehan medali Porkab Kotawaringin Timur 2022. Kecamatan Mentawa Baru Ketapang meraih 103 medali yang terdiri 45 emas, 28 perak dan 30 perunggu. Baamang meraih 57 medali yang terdiri dari 23 emas, 14 peran dan 20 perunggu. Telawang memperoleh 39 medali yang terdiri 14 emas, 16 perak dan 9 perunggu. 

Baca juga: Porkab jadi ajang penjaringan atlet voli Kotim menghadapi Porprov

Parenggean meraih 33 medali yang terdiri 10 emas, 10 perak dan 13 perunggu. Mentaya Hulu meraih 33 medali terdiri 9 emas 11 perak dan 13 perunggu. Kota Besi meraih 23 medali terdiri 7 emas, 6 perak dan 10 perunggu.

Mentaya Hilir Selatan meraih 14 medali terdiri 5 emas, 5 perak dan 4 perunggu. Tualan Hulu meraih 34 medali terdiri 4 emas, 14 perak dan 16 perunggu. Cempaga meraih 20 medali terdiri 3 emas, 5 perak dan 12 perunggu. 

Telaga Antang meraih 13 medali terdiri 3 emas, 2 perak dan 8 perunggu. Teluk Sampit meraih 5 medali terdiri 2 emas, 2 perak dan 1 perunggu. Cempaga Hulu meraih 7 medali terdiri 2 emas dan 5 perunggu. Seranau meraih 19 medali terdiri 1 emas 7 perak dan 11 perunggu. 

Bukit Santuai meraih 5 medali terdiri 2 emas, 2 perak dan 1 perunggu. Mentaya Hilir Utara meraih 16 medali terdiri 3 perak dan 13 perunggu. Antang Kalang meraih 5 medali terdiri 2 perak dan 3 perunggu. Pulau Hanaut meraih 6 medali terdiri 1 perak dan 5 perunggu.

Baca juga: DPRD dukung Kotim raih sukses ganda di Porprov Kalteng

Baca juga: Pemkab Kotim periksa kualitas air telusuri dugaan pencemaran di Sungai Sampit

Baca juga: Pemain asing ramaikan turnamen Piala Agustiar Sabran di Sampit

Pewarta : Norjani
Uploader : Ronny
Copyright © ANTARA 2024