Sampit (ANTARA) - Pemuda di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah diberi motivasi untuk berani berwirausaha untuk meraih sukses, apalagi peluangnya dinilai sangat besar. 

"Minat pemuda terjun menjadi wirausaha sangat bagus, makanya perlu terus didukung, salah satunya dengan memberi pemahaman dan motivasi," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kotawaringin Timur, Wim RK Benung di Sampit, Sabtu. 

Hal itu disampaikan Wim saat menghadiri seminar kewirausahaan pemuda dan Musyawarah Daerah Pimpinan Kecamatan Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Kotawaringin Timur. Kegiatan ini digelar AMPI bersama Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kotawaringin Timur. 

Hadir dalam kegiatan ini Ketua DPD KNPI Kotawaringin Timur Endra Rosana, Ketua AMPI Kotawaringin Timur Reza Pahlepi, serta senior-senior AMPI setempat. 

Kegiatan ini diikuti lebih dari 30 pemuda yang merupakan perwakilan berbagai organisasi kepemudaan yang bernaung di bawah KNPI Kotawaringin Timur. Peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan ini. 

Narasumber yang dihadirkan adalah pengusaha sukses yang juga Ketua DPD Partai Golkar Kotawaringin Timur Zam'an yang memberikan materi pengembangan bisnis, Nani Patmawati terkait motivasi wirausaha dan Erni Winanti dengan materi sosialisasi perizinan usaha. 

Menurut Wim, seminar kewirausahaan kepemudaan merupakan langkah strategis untuk memulai kesempatan berusaha bagi pemuda. Dia optimistis kegiatan ini berdampak positif bagi pemuda, apalagi para narasumbernya juga mumpuni. 

Baca juga: Warga Sampit temukan mayat bayi perempuan mengapung di Sungai Mentaya

Kegiatan ini sejalan dengan upaya percepatan pemulihan ekonomi. Untuk itu pelaku usaha juga harus berani berinovasi dengan melihat potensi dan perkembangan di lapangan. 

"Perubahan pola konsumsi dari offline ke online. Ini harus diikuti pelaku usaha agar bisa menyesuaikan diri dengan permintaan. Sesuaikan dengan perkembangan teknologi saat ini," ujar Wim. 

Ketua AMPI Kotawaringin Timur, Reza Pahlepi mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan gairah masyarakat, khususnya pemuda untuk berwirausaha dan membangkitkan perekonomian masyarakat. 

Kegiatan juga dirangkai dengan Musyawarah Dewan Pimpinan Kecamatan. Ada empat kecamatan yang menggelar musyawarah daerah tersebut yaitu Mentawa Baru Ketapang, Baamang, Kota Besi dan Seranau. 

"Kami berharap pemerintah kecamatan semakin memberi ruang lebih kepada pemuda untuk berkontribusi dalam jalannya pemerintahan di kecamatan dan upaya membantu masyarakat," ujar Reza. 

Ketua KNPI Kotawaringin Timur, Endra Rosana mengatakan, kegiatan ini kerja sama KNPI dan AMPI. Pihaknya juga sangat berterima kasih kepada anggota DPRD yang peduli mendukung kegiatan kepemudaan, seperti Riskon Fabiansyah

"KNPI sebagai wadah organisasi tempat berhimpun dan merangkul kawan-kawan OKP (organisasi kepemudaan). Besarnya KNPI, juga besarnya kawan-kawan OKP, " demikian Endra Rosana. 

Baca juga: Legislator Kotim minta pemkab perhatikan kenyamanan di lokasi bazar

Baca juga: Pemkab Kotim berharap dana bagi hasil sawit langsung dikucurkan ke kabupaten

Baca juga: Kecamatan rawan karhutla di Kotim tingkatkan kewaspadaan

Pewarta : Norjani
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024