Palangka Raya (ANTARA) - Penjabat Bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Anang Dirjo mendatangi dan menyerahkan secara langsung bantuan paket sembako dan keperluan sehari-hari, kepada sejumlah warga jalan HM Rafi'i Gang Kemuning Harum III RT.23 Kelurahan Madurejo, yang menjadi korban kebakaran pada Minggu (19/6/2022).

"Semoga bantuan yang diberikan pemerintah kabupaten ini bisa sedikit meringankan beban para korban," kata Anang di Pangkalan Bun, kemarin.

Dalam kesempatan itu, dirinya menyatakan bahwa setiap kejadian musibah yang menimpa warga Kobar, seperti kebakaran rumah atau rumah rusak, maka Pemkab Kobar akan menyalurkan bantuan sosial (Bansos) melalui Dinas Sosial dan BPBD.

Meski begitu, dia tetap mengingatkan sekaligus mengimbau masyarakat Kobar, agar selalu memperhatikan kondisi dapur, khususnya jika hendak keluar rumah, pastikan kompor dalam kondisi mati, sehingga aman.

"Musibah memang bisa terjadi pada siapapun dan kapanpun. Namun, kita masyarakat harus berupaya mencegahnya dengan meningkatkan kehati-hatian," kata Anang.

Pj Bupati dalam menyalurkan bantuan kepada warga korban kebakaran, turut didampingi pihak BPBD Kobar dan Dinas Sosial (Dinsos), Senin (20/6/2022).

Baca juga: Pj Bupati: Turnamen olahraga perlu diperbanyak di Kobar

Kepala Pelaksana BPBD Kobar melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik Martogi Siallagan mengungkapkan jika kegiatan ini sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah kepada masyarakat yang ditimpa bencana. "Dari kejadian kemarin diperkirakan kerugian korban tidak sedikit. Oleh karena itu, bantuan ini mudah-mudahan bisa membantu mereka dari musibah yang dialami," ujarnya.

Kebakaran pemukiman tersebut terjadi pada Minggu (19/6) siang kemarin di Jalan HM Rafi'i Gang Kemuning Harum III RT. 23 Kelurahan Madurejo. Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kobar yang menerima laporan dari warga langsung terjun ke lokasi usai berkoordinasi dengan pihak terkait untuk pemadaman. Ramainya jalur menuju titik kebakaran sedikit menyulitkan personil yang datang, namun pemadaman dapat terlaksana dengan lancar.

"Untuk penyebab kebakaran masih diselidiki dari pihak kepolisian. Tapi untungnya api masih dapat dipadamkan dengan cepat," ungkap Martogi.

Proses penanganan kebakaran pemukiman dilakukan bersama instansi terkait antara lain dari Damkar Kobar, Tagana, Polres Kobar, PLN, Huma Singgah, PMI Kobar, dan Indonesia Escort Ambulance (IEA) Kobar. Dari pantauan di lokasi, diketahui 1 unit rumah mengalami rusak sedang dan 2 unit kendaraan rusak berat akibat dilahap api. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Baca juga: Pencegahan korupsi di Kobar terbaik kelima di Kalteng menurut MCP KPK

Baca juga: Pj Bupati minta SOPD Kobar tingkatkan serapan anggaran

Pewarta : Jaya Wirawana Manurung/Rls
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024