Kuala Kurun (ANTARA) -
Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong mendorong perangkat daerah di lingkup pemerintah kabupaten setempat segera mengambil langkah-langkah strategis, demi percepatan penyerapan anggaran.
 
Sebab hingga 4 Oktober 2022 realisasi penyerapan anggaran masih belum mencapai target, kata Jaya dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten II Sekretariat Daerah Gunung Mas, Richard saat membuka rapat koordinasi pengendalian dan evaluasi realisasi pelaksanaan APBD kabupaten triwulan III tahun anggaran 2022 di Kuala Kurun, Kamis.
 
“Target penyerapan anggaran kita adalah 85 persen. Jika melihat dari realisasi penyerapan kita per 4 Oktober 2022 berada pada 64,80 persen untuk pendapatan daerah dan hanya 56,14 persen untuk belanja daerah. Dapat diartikan kita tidak mencapai target realisasi baik anggaran maupun kinerja,” terangnya.
 
Oleh sebab itu, langkah-langkah strategis harus dilakukan demi percepatan penyerapan anggaran di sisa triwulan pada 2022. Nanti hasil rekomendasi dari evaluasi triwulan III harus segera ditindaklanjuti, demi perbaikan dan optimalisasi penyerapan anggaran 2022.
 
"Rakordal jangan hanya dijadikan kegiatan seremonial belaka, namun hendaknya menjadi suatu aksi pada perangkat daerah masing-masing," jelasnya.

Baca juga: Gunung Mas komitmen lakukan konvergensi percepatan penurunan stunting
 
Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Gunung Mas, Yantrio Aulia mengatakan kegiatan ini bertujuan mengevaluasi pencapaian pelaksanaan rencana pembangunan.
 
Pelaksanaan rencana pembangunan yang dimaksud tadi berupa realisasi atau informasi pembangunan, baik keuangan maupun fisik, yang didanai dari APBD dan APBN, dilaksanakan oleh masing-masing perangkat daerah.
 
Kemudian juga untuk menginventarisir permasalahan dan kendala yang dihadapi selama pelaksanaan pembangunan di triwulan III, serta tindak lanjut yang diperlukan ke depan. Mempercepat pelaksanaan program dan kegiatan, baik program dan kegiatan dari dana APBD maupun APBN, sesuai sasaran dan target kegiatan yang telah ditetapkan.
 
Lebih lanjut, hasil yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah tersusunnya laporan realisasi anggaran Pemkab Gunung Mas sampai dengan triwulan III 2022, baik yang bersumber dari APBD, APBN maupun Dana Alokasi Khusus (DAK).
 
“Hasil lain yang ingin dicapai adalah rumusan kendala dan permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan, serta tindak lanjut yang diperlukan guna percepatan pelaksanaan kegiatan dan penyerapan anggaran,” demikian Yantrio.

Baca juga: Dekranasda Gumas siapkan FTM sebagai ajang salurkan bakat

Baca juga: Pemkab Gunung Mas-TNI bersinergi kendalikan inflasi

Baca juga: Wabup Gumas: Petugas pendataan awal berperan penting sukseskan Regsosek

Pewarta : Chandra
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024