Palangka Raya (ANTARA) - Senator asal Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang menyatakan bahwa karakter seorang pemimpin harus memiliki keberanian, integritas, kesadaran akan perubahan, mengarahkan dan kecerdasan emosional serta toleransi.

Pernyataan itu disampaikan Teras Narang saat menghadiri sekaligus menjadi pembicara di acara pelantikan dan Seminar Nasional yang diselenggarakan Persatuan Intelligensia Kristen (PIKI) Provinsi Kalimantan Tengah di Palangka Raya, Rabu.

"Pemimpin juga harus bisa menempatkan diri di tiap bidang yang sedang di emban. Sebab, pemimpin di bidang ekonomi tentunya berbeda dengan di bidang hukum, sosial, budaya maupun lainnya," ucapnya.

Menurut mantan Gubernur Kalteng periode 2005-2015 itu, pemimpin di bidang politik turut berperan membentuk kehidupan bernegara yang menghormati hak-hak manusia dengan semangat solider sejati. Sedangkan pemimpin di bidang hukum, pemimpin berpegang teguh pada kepentingan umum selalu menjadi tolak ukur bagi setiap perumusan hukum.

Teras mengatakan, pemimpin di bidang sosial selalu memperhatikan sekaligus memiliki prinsip hormat terhadap martabat manusia, memberikan kebebasan untuk kelompok ataupun perorangan berkembang menjadi lebih baik, serta solidaritas kepada siapapun.

"Jadi, saya berpesan kepada pengurus PIKI Kalteng yang baru dilantik, miliki lah semua karakter tersebut dan sesuaikan dengan bidang yang diemban. Terpenting lagi, pahami bahwa kita harus sadar akan adanya perubahan," kata dia.

Anggota DPD RI menyebut, zaman berkembang cepat dan menghadirkan perubahan melebihi perkembangan pengetahuan banyak orang yang terbatas. Untuk itu, kolaborasi menjadi penting dalam menghadapi disrupsi dengan berbagai konsekuensinya. Senator asal Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang memberikan tas produksi pelaku UMKM Kalteng kepada Ketua Umum PIKI Badikenita Putri Sitepu usai pelantikan pengurus PIKI Kalteng di Palangka Raya, Rabu (19/10/2022). ANTARA/Jaya Wirawana Manurung.
Dirinya pun berpesan, semangat Servant-Leadership, kepemimpinan yang melayani merupakan ciri kepemimpinan yang berpusat pada Kristus, dapat menjadi bagian dari kepengurusan PIKI kali ini.

"Dalam bahasa lokal kita di Kalteng saya sebut sebagai kepemimpinan Humabetang, kepemimpinan yang Humanis, Maju, Berani Jujur, dan Tanggung Jawab. Ini adalah ciri yang mesti jadi ciri para sahabatku pengurus PIKI DPD Provinsi Kalteng," demikian Teras Narang.

Sementara itu, Ketua Umum PIKI Badikenita Putri Sitepu yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, organisasi ini diisi oleh orang-orang memiliki talenta dan bakat berbeda-beda, sehingga sudah selayaknya dapat dimanfaatkan oleh pemerintah daerah.

Apalagi, lanjut dia, PIKI melalui sejumlah kadernya selama ini juga telah hadir dan memberikan kontribusi yang cukup terhadap kemajuan pembangunan di Kalteng. Hal itu tentunya menjadi modal bagi para kader maupun pengurus PIKI untuk berbuat bagi daerah dan masyarakat Kalteng.

"Selamat kepada Pengurus PIKI Kalteng yang baru dilantik. Bekerja dan berbuat benar dan terbaik bagi daerah, negara dan bangsa Indonesia," demikian Badikenita yang juga anggota DPD RI ini.

Baca juga: Teras Narang dorong MADN dan Kepala Daerah di Pulau Kalimantan bangun SDM unggul

Baca juga: Rakernas MADN momen perkuat kualitas insan Dayak, kata Teras Narang

Baca juga: Optimalkan data kependudukan, Teras Narang ajak masyarakat Kalteng sukseskan regsosek

Pewarta : Jaya Wirawana Manurung
Uploader : Admin 1
Copyright © ANTARA 2024