Buntok (ANTARA) - Ketua Komisi III DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Hermanes menilai kinerja Penjabat Bupati Lisda Arriyana sangat bagus karena roda pembangunan dan pemerintahan yang dijalankan sudah terarah dengan baik.

"Selaku masyarakat dan anggota DPRD sangat mengapresiasi terhadap kinerja Penjabat Bupati Barito Selatan, Lisda Arriyana," kata Hermanes, di Buntok, Minggu.

Demikian halnya dengan sejumlah kebijakan bantuan sosial yang disalurkan kepada masyarakat juga dinilai tepat. Selama kepemimpinannya, penjabat bupati telah membangun kerja sama yang baik dengan DPRD maupun dengan berbagai pihak di Barito Selatan.

Kemudian, penjabat bupati juga selalu tanggap dan aktif dalam sejumlah kegiatan di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini.

"Pada saat saya melaksanakan kunjungan kerja ke daerah pemilihan beberapa waktu lalu, masyarakat menyampaikan terkait bagusnya kinerja pj bupati ini," terang Hermanes.

Dia juga mengapreasiasi hasil upaya pj bupati yang melaksanakan transformasi pengelolaan dana bergulir masyarakat eks Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) menjadi Badan Usaha Milik Desa Bersama.

"Pelaksanaan program tersebut tercapai 100 persen, sehingga penjabat Bupati Barsel berhasil mendapatkan penghargaan dari Menteri Desa, pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia," jelasnya.

Berkaitan dengan hal itu, ia berharap melalui Gubernur Kalimantan Tengah agar memperpanjang masa jabatan penjabat Bupati Barito Selatan hingga tahun berikutnya.

"Masa jabatan Penjabat Bupati Barsel akan berakhir pada Mei 2023 nanti dan kita mengharapkan melalui Gubernur Kalimantan Tengah dapat memperpanjang kembali masa jabatan Pj Bupati Barsel ini," harapnya.

Sementara itu, anggota DPRD lainnya, Raden Sudarto mengatakan, penjabat bupati, Lisda Arriyana merupakan sosok birokrat murni. Dalam bidang birokrasi, Lisda Arriyana berkarir dari bawah yakni staf hingga menjadi Camat Dusun Selatan di Barito Selatan, sedangkan di lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, menjabat sebagai kepala biro dan kepala dinas.

"Dengan banyaknya pengalaman tersebut, Lisda Arriyana kita nilai sangat menguasai dan memahami tentang birokrasi pemerintahan," jelas politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Barito Selatan ini.

Dikatakannya, hal itu terbukti, selama kepemimpinan Lisda Arriyana, roda pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Barito Selatan berjalan dengan baik dan lancar.

Ia mengharapkan kepada Gubernur Kalimantan Tengah dapat memperpanjang masa jabatan penjabat Bupati Barito Selatan, Lisda Arriyana.

"Karena, kalau melihat dari sisi kinerja sudah bagus dan memang layak masa jabatannya diperpanjang kembali," kata Raden Sudarto yang saat ini menjabat sebagai Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Barito Selatan ini.

Disamping itu juga kata dia, sulit mencari sosok pemimpin seperti Lisda Arriyana, sebab, selain memahami tentang birokrasi, juga sosok pemimpin yang bisa mengayomi dan mengerti dengan masyarakat.

Pewarta : Bayu Ilmiawan
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024