Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas mengingatkan sekaligus meminta PDAM Tirta Janang terus melakukan pembenahan terhadap berbagai pelayanan, agar setiap tahunnya mengalami peningkatan dan berdampak terhadap pendapatan.

"Bagaimana agar berbenah memberikan pelayanan air yang baik dan bisa menciptakan profit (keuntungan)," kata Ampera usai memimpin rapat pembahasan rencana kerja dan anggaran PDAM Tirta Janang 2023 di Tamiang Layang, Jumat.

Dikatakan, pada hakekatnya PDAM merupakan salah satu BUMD yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Barito Timur yang bergerak memberikan jasa pelayanan penyediaan dan menyelenggarakan kemanfaatan umum di bidang air minum.

Dia mengatakan, PDAM Tirta Janang memproduksi, mengolah, dan mendistribusikan air bersih kepada pelanggan. Di sisi lain, PDAM Tirta Janang sebagai perusahaan perlu meningkatkan pendapatan.

"Jika pun tidak bisa untung, minimal bagaimana rugi perusahaan bisa diperkecil dan masyarakat merasa pelayanan PDAM mengalami peningkatan," tambahnya.

Orang nomor satu di Pemerintah Kabupaten Barito Timur itu meminta PDAM Tirta Janang mencari pelanggan di wilayah Kecamatan Dusun Tengah, Pematang Karau dan Kecamatan Paku. Hal itu seiring dengan operasionalnya IKK Ampah dengan IPA berkapasitas 50 liter per detik yang sudah selesai di bangun.

"Potensi ini hendaknya dioptimalkan untuk digali dan menjadi potensi pendapatan bagi PDAM Tirta Janang," kata Ampera.

Baca juga: Pemkab Bartim lakukan penyesuaian jam kerja selama bulan Ramadhan

Pemerintah Kabupaten Barito Timur saat ini membuat rancangan untuk meningkatkan Sambungan Rumah (SR) pada wilayah operasional IPA Ampah. Jika pemasangan baru SR digratiskan maka Pemerintah Kabupaten Barito Timur akan menyiapkan anggaran daerah.

"Ini sebagai bentuk intervensi daerah dalam mendukung pengembangan PDAM Tirta Janang," kata Ampera.

Dirinya pun mengaku optimis PDAM Tirta Janang bisa meraih profit pada 2024 dan tahun-tahun selanjutnya dengan syarat konsisten dalam pengelolaannya.

Rapat pembahasan rencana kerja dan anggaran PDAM Tirta Janang 2023 dilaksanakan di aula rapat Bupati Barito Timur di Tamiang Layang, Jumat (24/3/2023). Dalam rapat itu diketahui jumlah pelanggan PDAM Tirta Dharma 4.840 SR dan target pemasangan baru pada 2023 sebanyak 365 SR.

Baca juga: Tingkatkan pelayanan, Pemkab Bartim bersiap berlakukan aplikasi e-kinerja

Baca juga: Waktu pengumpulan berkas pilkades di Bartim diperpanjang

Baca juga: Wabup puji kinerja perawat di Bartim

Pewarta : Habibullah
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024