Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kalimantan Tengah, Arthon S Dohong memastikan bahwa hampir seluruhnya anggota DPRD Kalteng periode 2019-2024 yang terpilih dari partai berlambang Banteng Moncong Putih itu, kembali dicalonkan dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kepastian itu disampaikan Arthon didampingi Sekretaris PDIP Kalteng Sigit K Yunianto dan Bendahara Wiyatno usai melakukan pendaftaran bakal calon legislatif atau Anggota DPRD Kalteng periode 2024-2029 yang akan diusung dalam pemilu tahun 2024, di sekretariat KPU Kalteng, Kamis.

"Hanya satu orang (Anggota DPRD Kalteng) yang tidak kembali dicalonkan, yakni Andina Thresia Narang. Itupun karena beliau sendiri yang memutuskan untuk mundur dari PDI Perjuangan. Itu hak pribadi beliau dan kami menghormatinya," ucapnya.

Dalam pemilu 2019, PDIP meraih 11 kursi dari seluruh daerah pemilihan (Dapil) DPRD Kalteng untuk periode 2019-2024. Di mana dapil I yang meliputi meliputi Kota Palangka Raya, Gunung Mas dan Katingan terpilih Duwel Rawing dan Lohing Simon, serta Andina Theresia Narang yang baru-baru mengajukan pengunduran diri dari DPRD Kalteng.

Dari Dapil II Kalteng meliputi Kabupaten Kotawaringin Timur dan Seruyan yakni Artaban, Freddy Khaidir dan Irawati yang kemudian digantikan oleh Alexius Esliter karena maju sebagai Calon Wakil Bupati Kotim. Dari dapil III meliputi Kabupaten Kotawaringin Barat, Lamandau dan Sukamara yakni Maryani Sabran dan Jubair Arifin.

Dapil IV Kalteng meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara dan Murung Raya terpilih Ina Prayawati. Dan di Dapil V Kalteng meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau yang terpilih adalah Wiyatno serta Y Freddy Ering.

Baca juga: Seluruh kader PDI Perjuangan Kalteng siap menangkan Ganjar Pranowo

"Selain para incumbent (Petahana) DPRD Kalteng ini, kami juga mengusung bakal calon dari kaum perempuan yang jumlahnya di atas 30 persen. Para kaum muda juga banyak yang kami usung dalam Pemilu 2024 ini," kata Arthon.

Ketua PDIP Kalteng itu pun menegaskan bahwa pihaknya telah membawa seluruh berkas fisik bakal calon anggota DPRD Kalteng periode 2024-2029 ke KPU Kalteng. Hanya, dirinya mengakui saat ini belum terpenuhi semua untuk dilakukan input ke Silon KPU.

"Jadi, kami masih menunggu penyelesaian dan penuntasan data dari masing-masing bakal calon," demikian Arthon.

Baca juga: Megawati: Penyusunan caleg PDIP sudah matang

Baca juga: Ada kemungkinan PDIP pilih Erick Thohir dampingi Ganjar di Pilpres 2024

Baca juga: Sekjen PDIP: Jokowi tetap buka ruang dialog dengan NasDem

Pewarta : Jaya Wirawana Manurung
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024