Palangka Raya  (ANTARA) - Sebanyak 327 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) periode haji 2023 telah tiba di Madinah, Arab Saudi.

"Sebanyak 327 jemaah haji Kloter 3 Embarkasi Banjarmasin telah tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah, Kamis kemarin, pukul 17.50 Waktu Arab Saudi (WAS)," kata Ketua Kloter 3 Ardiansyah, melalui pernyataan tertulis yang diterima di Palangka Raya, Jumat.

Dia menambahkan, bahwa seluruh jamaah calon haji kloter 3, selanjutnya diberangkatkan dari Madinah menuju Mekkah hari ini atau Jumat (2/6).

Jamaah asal provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila" akan bertolak ke Tanah Suci, setelah menyelesaikan ibadah arbain atau shalat berjamaah selama 40 puluh kali waktu di Masjid Nabawi, Madinah.

"Dalam perjalanan menuju Mekkah, jamaah calon haji akan mengambil miqat makani atau tempat dimulainya ibadah haji di Masjid Bir Ali, Madinah," kata Ardiansyah.

Sementara itu, Pembimbing Ibadah Haji, Misbah, mengatakan, usai kedatangan, jemaah kemudian masuk masuk Hotel Bir Al Iman Madinah pada pukul 18.00 waktu setempat.

Baca juga: JCH Kotim disewakan pesawat dan diberi uang saku

Setelah semua jamaah dapat kamar, selanjutnya dilakukan persiapan untuk pelaksanaan ibadah arbain bagi yang mampu.

"Pelaksanaan ibadah arbain sesuai bayan tarkhil yang kami tandatangani dan akan dihitung mulai salat isya pada 1 Juni 2023 kemarin," katanya.

Pemberangkatan jamaah calon haji asal Kalimantan Tengah diawali dari Kloter 3 Embarkasi Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan. Mereka terbang pada Kamis 1 Juni 2023 pukul 08.00 Waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA) dari Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin.

Sebelumnya, jamaah transit di Asrama Haji Banjarbaru untuk menjalani sejumlah pemeriksaan kesehatan dan menerima beberapa persyaratan terbang seperti gelang identitas, paspor, visa, hingga tiket pesawat selama berada di asrama haji.

Berdasarkan data Siskohat, Jamaah haji Kalteng pada tahun ini sebanyak 1.612, dengan jumlah jemaah lansia sebanyak 81 orang dan memakai kursi roda sebanyak 41 orang.

Baca juga: Pemkab Kotim berharap kuota haji terus ditambah

Baca juga: Penjabat Bupati lepas keberangkatan 137 jamaah calon haji asal Barsel

Baca juga: Wagub Kalteng sebut calon haji sekaligus berperan sebagai duta Indonesia

Pewarta : Rendhik Andika
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024