Palangka Raya (ANTARA) - Polda Kalimantan Tengah menggelar bakti kesehatan secara gratis di kawasan padat penduduk yang berada di dekat Dermaga Flamboyan Bawah Jalan Ahmad Yani, Kota Palangka Raya.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto di Palangka Raya, Selasa, mengatakan kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-77, sekaligus sebagai wujud kepedulian Polri dalam memberikan pelayanan kesehatan terutama bagi masyarakat yang kurang mampu.

"Tentunya, saya juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak khususnya Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes), Rumah Sakit Bhayangkara dan TNI yang telah membantu serta mendukung kegiatan bakti kesehatan pada hari ini," kata Nanang.

Di lokasi yang sama, Kabiddokes Polda Kalteng Kombes Pol Danang Pamudji menuturkan, adapun jenis pelayanan yang diberikan dalam kegiatan ini diantaranya pelayanan kesehatan umum, pengobatan gratis, pelayanan stunting dan bazar sembako murah.

"Semoga melalui pelayanan kesehatan ini dapat memberikan dampak yang baik bagi masyarakat khususnya para lansia dan balita, sehingga dapat terhindar dari stunting atau kekurangan gizi," ucapnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Kalteng AKBP Erlan Munaji menambahkan, dalam pelaksanaan bakti kesehatan tersebut ada sebanyak 524 masyarakat memperoleh pelayanan kesehatan gratis.

Baca juga: Polda Kalteng: Jelang tahun politik 2024 masyarakat jauhi perpecahan

Adapun hasil pelaksanaan tersebut, diantaranya sebanyak 322 warga memperoleh pengobatan umum gratis, 32 ibu hamil dan 130 balita memperoleh pelayanan skrining stunting dan pemberian paket asupan gizi, serta 40 warga mendapatkan pelayanan vaksinasi COVID-19.

"Diharapkan melalui kegiatan tersebut, masyarakat dapat sehat dan bebas dari permasalahan kesehatan untuk mewujudkan Indonesia emas 2045," demikian Erlan.

Berdasarkan pantauan di kegiatan tersebut, antusiasme masyarakat di kawasan padat penduduk itu cukup tinggi. Bahkan mereka tidak hanya cek kesehatan tubuh mereka saja, melainkan juga berbelanja pada bazar sembako murah yang sengaja disediakan untuk masyarakat setempat.

Baca juga: Anggota DPR RI minta pemuda di Kalteng ikut perangi peredaran narkoba

Baca juga: Motif pembunuh ibu anggota DPR RI karena sakit hati

Baca juga: Harkitnas momentum Polda Kalteng tingkatkan pelayanan ke masyarakat
 

Pewarta : Adi Wibowo
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024