Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah mengajak seluruh masyarakat meningkatkan perlindungan terhadap anak agar mereka merasa aman dan bisa mendapatkan hak-haknya dengan baik. 

"Penting kiranya bagi kita semua, berbagai elemen masyarakat, orang tua, guru untuk menjamin keamanan dan memberikan perlindungan kepada anak-anak agar dapat mewujudkan Indonesia Maju menuju generasi emas," kata Wakil Bupati Irawati di Sampit, Minggu. 

Harapan itu disampaikannya saat menghadiri puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2023 Kabupaten Kotawaringin Timur yang dipusatkan di Taman Kota Sampit. 

Peringatan HAN 2023 mengangkat tema “Anak Terlindungi Indonesia Maju". Kegiatan didahului senam bersama, kemudian lomba mewarnai yang diikuti ratusan murid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dari berbagai lembaga PAUD di Sampit. 

Turut hadir Sekretaris Daerah Fajrurrahman, Bunda PAUD Kotawaringin Timur Khairiah Halikinnor, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur Muhammad Irfansyah dan pejabat lainnya. 

Irawati mengatakan, peringatan HAN 2023 ini adalah momen penting untuk mengingatkan kembali kepada semua pihak bahwa anak-anak adalah kunci penting dari bagaimana masa depan bangsa ini terbentuk. Harapannya agar nantinya anak-anak bangsa ini menjadi generasi yang berprestasi, cerdas dan produktif. 

Baca juga: Panitia Besar Porprov Kalteng bentuk tim investigasi

Dia mengucapkan terima kasih kepada Bunda PAUD Kabupaten Kotawaringin Timur yang sudah memberikan dukungan dan motivasi kepada anak-anak PAUD yang ada di Kotawaringin Timur. 

Setiap orang dinilai memiliki tanggung jawab untuk turut melindungi anak-anak dari berbagai ancaman kejahatan. Selain itu, hak-hak anak juga harus dipenuhi dengan baik. 

"Pemerintah daerah mengimbau kepada semua pihak untuk mewujudkan aksi nyata dalam memberikan kasih sayang serta pelayanan pendidikan yang aman dan nyaman bagi anak-anak semua, khususnya di Kabupaten Kotawaringin Timur agar menjadi generasi yang sehat, cerdas dan ceria," demikian Irawati. 

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur, Muhammad Irfansyah mengatakan, saat ini masih banyak dijumpai kekerasan yang dilakukan terhadap anak, baik ucapan maupun tindakan. 

Oleh karena itu, pada peringatan HAN 2023 ini semua pihak diimbau untuk meningkatkan kesadaran serta pengawasan, baik dari pemerintah, pelayanan pendidikan, serta lingkungan sekitar terhadap kekerasan pada anak. 

"Mari kita semua turut peduli terhadap keamanan anak. Semoga anak-anak di Kabupaten Kotawaringin Timur menjadi generasi yang mandiri, kreatif serta berakhlak mulia," demikian Irfansyah. 

Baca juga: Perputaran uang Porprov XII Kalteng di Sampit Rp48,46 miliar

Baca juga: Bupati Barut puji kesuksesan pelaksanaan Porprov XII Kalteng di Sampit

Baca juga: Pecah rekor, Kotim juara umum Porprov XII Kalteng

Pewarta : Norjani
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024