Kuala Kurun (ANTARA) -
Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong menyambut baik pelaksanaan Festival Karungut kabupaten setempat yang dipusatkan di Taman Kota Kuala Kurun pada 12-13 November 2023.
 
“Saya harap nantinya dari pelaksanaan Festival Karungut se-Gunung Mas ini akan lahir seniman-seniman kondang,” ucapnya saat membuka kegiatan di Taman Kota Kuala Kurun, Minggu.
 
Selama ini Gunung Mas memiliki banyak seniman karungut kondang yang terkenal baik di dalam maupun luar daerah. Seniman karungut yang dimaksud yakni Ucun A Tingang, Bilton, dan lainnya.
 
Jaya berharap dari pelaksanaan festival karungut ini lahir seniman-seniman baru yang akan melanjutkan kiprah Ucun A Tingang, Bilton, maupun seniman karungut senior lainnya.

Baca juga: Trail adventure dinilai menjadi sarana strategis promosikan wisata Gunung Mas
 
Selain itu, tutur dia, pelaksanaan festival karungut juga menjadi wadah bagi para seniman se-kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’, untuk mempererat tali silaturahmi antara satu dengan lainnya.
 
“Festival karungut ini wadah kita untuk bertemu dan mempererat tali silaturahmi, jadi menang atau kalah bukan yang utama,” kata orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kabupaten Gunung Mas itu.
 
Walau demikian, dia memahami jika dalam pelaksanaan festival akan muncul juara. Oleh sebab itu, dewan juri diminta memberi penilaian secara objektif supaya mereka yang juara adalah benar-benar seniman berkualitas.
 
Pelaksanaan festival karungut ini diselenggarakan oleh Karang Taruna Gunung Mas dan didukung sejumlah perangkat daerah dan berbagai pihak lainnya.
 
Ketua Karang Taruna Gunung Mas, Isnaini menyampaikan festival dibagi menjadi dua kategori yakni umum dan pelajar. Festival ini diikuti 30 orang peserta yang berasal dari berbagai daerah di kabupaten setempat.
 
“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati Gunung Mas dan jajaran, serta berbagai pihak lain yang sudah turut mendukung pelaksanaan festival karungut ini,” demikian Isnaini.

Baca juga: Pemkab Gumas gelontorkan Rp940 juta untuk renovasi stadion

Baca juga: Trail adventure perkenalkan situs Tambun Bungai di Gunung Mas

Baca juga: Wabup minta masyarakat Gunung Mas tidak sia-siakan pengorbanan pahlawan

Pewarta : Chandra
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024